BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Kapolda Sulteng Hadiri Acara Puncak Penanaman Mangrove Secara Serentak di Seluruh Wilayah Indonesia

Tribratanews, Palu – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Agus Nugroho hadiri acara puncak penanaman mangrove secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, Senin 15 Mei 2023, sore, di Pantai Bamba, Kelurahan Mpanau, Kecamatan Taweli, Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Acara yang dibuka oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) melalui sarana virtual itu dipusatkan di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, Jakarta Utara.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah Drs H. Ma’mun Amir, Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Toto Nurwanto, Staf Ahli Gubernur Dr Farid Rifai Yotolembah, Kadis Kelautan dan Perikanan Moh Arif Latjuba SE, M.Si, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Nelson Metubun, SP, dan Kepala Kesbangpol Drs. Arfan M.Si.

Dalam kata sambutan Gubernur Sulteng yang dibacakan oleh Wakil Gubernur menyampaikan kegiatan penanaman mangrove itu merupakan salah satu upaya dalam menjaga lingkungan hidup dan ekosistem laut.

Masih menurut Wagub, mangrove memegang peranan yang sangat penting dalam menjaga keberlangsungan ekosistem laut seperti menyediakan tempat hidup bagi biota laut, melindungi pantai dari abrasi gelombang tinggi serta tsunami dan juga menyerap karbondioksida yang terdapat di udara.

Bahkan, lanjutnya, lebih jauh lagi keberadaan hutan mangrove bila digarap secara profesional dapat dijadikan objek wisata alam yang menarik yang bernilai jual dan bisa menyedot datangnya wisatawan.

Sementara itu, Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Toto Nurwanto menyampaikan penanam mangrove sangat penting dalam keberlangsungan ekosistem laut.

Ia juga mengatakan hutan mangrove dapat melindungi abrasi pantai serta berperan penting menjaga keanekaragaman ekosistem biota laut.

Danrem juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan dimaksud, serta apresiasi atas kepedulian terhadap lingkungan yang diwujudkan dengan aksi nyata penanaman pohon mangrove.

“Mari bergotong royong dan bahu menjaga kelestarian alam,” ujar Danrem.

Terpisah, Presiden RI, Ir. Joko Widodo didampingi Panglima TNI, Kapolri serta sejumlah Menteri dan Deputi melakukan penanaman mangrove sekaligus melakukan kunjungan di lokasi hutan mangrove yang telah dibudidayakan secara virtual.(fn)