BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Sebanyak 83 Bintara Polri Resmi Dilantik, Wakapolda Sulteng: Jaga Nama Baik Keluarga dan Institusi

Tribratanews, Palu – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) yang diwakili Wakapolda Brigjen Pol Hery Santoso, S.I.K.,M.H, melantik 83 Bintara Polri dalam penutupan Pendidikan Pembentukan (Diktuk) Bintara Polri gelombang I tahun 2023, Kamis 06 Juli 2023 di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Polda Sulteng, Labuhan Panimba, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Acara tersebut turut dihadiri, Pejabat Utama (PJU) Polda Sulteng, Kasipers Korem 132 Tdl Kolonel Inf Nicolous Santoso, S.H., Pasipers Kodim 1308 Donggala Mayor Inf. Syafiruddin serta Forkopimda Kota Palu.

Dalam amanat Kalemdiklat Polri, Komjen Pol Drs. Purwadi Arianto, M.Si, yang dibacakan oleh Wakapolda Sulteng mengatakan kepada para Bintara yang dilantik agar selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, kepada Tuhan Maha Esa, sebagai pedoman kehidupan dan pelaksanaan tugas.

Wakapolda juga menuturkan, agar berpegang teguh dan mengamalkan nilai-nilai tribrata, dan Catur Prasetya dalam setiap langkah pengabdian sebagai insan Bhayangkara.

“Harus jaga nama baik Polri, dan junjung tinggi panji-panji tribrata,” pintanya.

Sebab saat ini, lanjut Wakapolda menjelaskan, dinamika politik menjelang penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024 yang pentahapannya sudah dimulai pada tahun ini, kondisi ini tentunya akan berpengaruh pada situasi Kamtibmas.

“Jaga nama baik serta kehormatan diri, keluarga dan institusi, hindari segala pelanggaran disiplin, pelanggaran kode etik profesi polri, maupun pelanggaran pidana,” tegasnya.

Ia juga berharap kepada para Bintara baru agar senantiasa membangun komunikasi positif dengan masyarakat, serta perkuat sinergi dan soliditas dengan rekan-rekan TNI, Pemerintah Daerah, serta seluruh komponen bangsa lainnya guna memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif.

Sementara itu, terpisah, Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Pol Djoko Wienartono, S.I.K., S.H., M.H. menuturkan, berdasarkan keputusan Kapolri Nomor: Kep/884/VI/2023 tentang pengangkatan dan penempatan siswa Diktukba Polri untuk SPN Polda Sulteng telah dilantik sebanyak 83 Bintara.

“Ada 81 personel yang baru dilantik nantinya ditempatkan di Polda Sulteng, sedangkan 2 personel mendapat penempatan di Polda Sulut diarahkan pada Bidlabfor dan Polda Sulbar diarahkan pada Rumkit Bhayangkara TK.IV Sulbar,” sebutnya.

Adapun siswa berprestasi Bintara Polri angkatan 49 gelombang I TA. 2023 sebagai berikut:

1.Predikat Siswa Terbaik
Nama: Mohamad Zikri D.S
Asal: Kabupaten Poso
Pekerjaan Orang Tua: Petani

2.Predikat Siswa Cendikia
Nama: Syawal Aidil Akbar
Asal: Kabupaten Tolitoli
Pekerjaan Orang Tua: Wiraswasta

3.Predikat Siswa Trengginas
Nama: Abil
Asal: Kabupaten Tolitoli
Pekerjaan Orang Tua: Petani

4.Predikat Siswa Tertabah
Nama: Mohamad Zikri D.S
Asal: Kabupaten Poso
Pekerjaan Orang Tua: Petani

“Semoga dalam melaksanakan tugas kedepan dapat memenuhi harapan masyarakat, dengan berorientasi tugas pada kepentingan masyarakat,” pungkasnya.(fn)