POLRESPOLRES SIGI

Penyidik Polsek Marawola Limpahkan Berkas Perkara ke Kejaksaan Negeri Donggala

SIGI, – Dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat akan keadilan, Polri menunjukkan eksistensi dalam bekerja mengangani perkara hingga menuntaskan kasus-kasus yang ditangani agar tegaknya supremasi hukum di bumi mareso masagena.


Berlanjut dari hal itu, salah satu perkara telah dituntaskan oleh Penyidik Polsek Marawola Jajaran polres sigi dengan dilakukan pelimpahan Berkas Perkara Tahap I ke Kejaksaan Negeri Donggala yang merupakan perkara Penganiayaan yang dilakukan oleh Lk. DI, pelimpahan Berkas Perkara dilakukan di Kantor Kejaksaan Negeri Donggala pada Jumat Sore (25/08/2023).


Terkait dengan hal itu Kasi Humas Polres Sigi AKP Ferry Triyanto mengatakan, “ Penyerahan Berkas Perkara Tahap I adalah merupakan kewenangan penyidik sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 8 tahun 1981 tentang KUHAP dimana diisyaratkan didalam pasal 8 ayat (2) KUHAP dinyatakan bahwa apabila Penyidik Sudah selesai melakukan Penyidikan segera melimpahkan Berkas Perkara ke Jaksa Penuntut Umum. “


“ Ketika Berkas Perkara telah diterima oleh Pihak Kejaksaan, maka akan dilakukan penelitian terhadap Berkas Perkara yang telah kita limpahkan dengan diberikan waktu oleh Undang-undang selama 7 hari tentang sudah atau belum lengkapnya Berkas Perkara dimaksud, apabila Berkas Perkara belum lengkap maka akan diberitahukan oleh Kejaksaan disertai pengembalian Berkas Perkara kepada Penyidik untuk dilengkapi dalam waktu 14 hari (Pasal 138 ayat 1 KUHAP). “ Tandas AKP Ferry.


(Humas Polres Sigi)