BID HUMASGeneralGIAT OPSNewsPOLRESPOLRES TOLI-TOLISATKER

Linmas Kecamatan Lampasio di Berikan Pembekalan, Guna Pengamanan Pemilu 2024 Lebih Profesional

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Polres Tolitoli terus mengintensifkan upaya pengamanan menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan melibatkan unsur Linmas. Salah satu langkah nyata dilakukan oleh Polsek Lampasio yang menggelar pelatihan bagi anggota Linmas di Kecamatan Lampasio Kabupaten Tolitoli, Rabu (17/01/2024).

Sebanyak 94 petugas Linmas Kecamatan Lampasio turut serta dalam pelatihan ini, yang dipimpin oleh Kapolsek Lampasio IPDA Ramto Lapolaka dan Babinsa setempat. Kegiatan ini menjadi bagian dari persiapan intensif untuk memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 di wilayah Kecamatan Lampasio Kabupaten Tolitoli.

Kapolsek Lampasio Polres Tolitoli IPDA Ramto Lapolaka, menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada anggota Linmas terkait dengan pengamanan dan pertahanan, terutama dalam konteks keterlibatan mereka dalam pengamanan Pemilu 2024.

 “Apel dan Pelatihan ini merupakan bentuk komitmen Polres Tolitoli untuk meningkatkan kualitas dan kesiapan anggota Linmas dalam menghadapi situasi yang mungkin terjadi selama pelaksanaan Pemilu,” ujar IPDA Ramto Lapolaka. 

Pelatihan dan pembinaan anggota Linmas mencakup berbagai aspek yang relevan dengan tugas mereka, termasuk strategi pengamanan, pertahanan, dan penanganan berbagai situasi yang berkaitan dengan tindakan kriminal maupun non-kriminal di wilayah masing-masing. Selain itu, materi sosialisasi mengenai undang-undang dan peran serta tugas Linmas juga disampaikan secara mendalam. 

Dalam sesi pelatihan, para anggota Linmas diberikan pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab yang diemban dalam membantu pelaksanaan tahapan Pemilu. Selain itu, pelatihan ini juga menjadi ajang untuk mempererat sinergi antara aparat keamanan, Linmas, dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif di Kecamatan Lampasio. 

“Harapannya dengan melibatkan anggota Linmas dalam kegiatan ini, akan tercipta sinergi antara kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pemilu 2024. Kami berkomitmen untuk terus melakukan langkah-langkah proaktif guna mewujudkan situasi yang aman dan kondusif bagi masyarakat Kabupaten Tolitoli Khususnya Polsek Lampasio selama proses demokrasi berlangsung,” pungkasnya.