BID HUMASGeneralNewsPOLRESPOLRES TOLI-TOLISATKER

Sebanyak 50 Personel Polres Tolitoli Ikut Serta Dalam Diseminasi Peraturan Perundang Undangan Oleh Bawaslu Tolitoli

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Dalam rangka pengawasan Pemilu/Pemilihan tahun 2024, Polres Tolitoli dan Bawaslu Kabupaten Tolitoli, menggelar kegiatan “Diseminasi Peraturan Perundang-Undangan,” yang diikuti oleh 50 Personel  Polres Tolitoli di Aula Hotel Bumi Harapan Kabupaten Tolitoli, Rabu (31/01/2024).

Kegiatan Diseminasi dilakukan untuk mensosialisasikan Peraturan Perundang-undangan Netralitas Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, yakni Ketua Bawaslu Kabupaten Tolitoli Fajar Syadik bersama Anggota. dan Beberapa PJU Polres Tolitoli dan anggota Personel sejumlah 50 orang.

Kapolres Tolitoli AKBP Bambang Herkamto, S.H., mengungkapkan, hingga saat ini masih banyak penafsiran hukum terkait peraturan perundang-undangan hingga menimbulkan persoalan kepastian hukum dalam pelaksanaan tugas pengawasan.

Menurutnya, kegiatan ini sangat tepat dilakukan guna menyamakan persepsi bagi Bawaslu Kabupaten Tolitoli dan Polres Tolitoli.

Ia berharap apabila ada permasalahan dapat dirumuskan daftar isian masalah dan membagi dalam beberapa kelompok terkait permasalahan tersebut untuk didiskusikan,” ujarnya.

Sehingga Bawaslu dapat bekerja maksimal dan dapat mereview sejumlah Perbawaslu. Lanjut Kapolres.

hingga saat ini UU Pemilu dan Pilkada belum ada perubahan, begitu juga  Perbawaslu belum ada yang baru.

Untuk itu, menurutnya penting mengadopsi isu-isu krusial untuk dibahas dalam rangka persiapan menghadapi Pemilu/Pilkada 2024 nanti. Masukan dan hasil review akan diteruskan ke Bawaslu RI.

Hal-hal yang krusial diantaranya, penghasilan yang diterima untuk Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan/Desa, dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Selain itu, juga isu pendaftaran dan verifikasi partai politik, penyelesaian sengketa, pemutakhiran data pemilih, logistik yang disiapkan KPU, pemungutan dan penghitungan suara, serta rekapitulasi penghitungan suara, tutup Kapolres.