BID HUMASGIAT OPSHUKUMNewsPOLRESTA PALU

Kabag Ops berserta Kapolsek Jajaran Polresta Palu,Hadiri  Pelantikan dan Bimbingan Teknis Anggota PPS Pilkada 2024 di Kota Palu.

Polresta Palu,- Bertempat di Ballroom Swissbell Hotel di Jln. Malonda, Kelurahan Silae, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, telah berlangsung kegiatan penting dalam rangka persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Acara tersebut meliputi pelantikan, pengambilan sumpah/janji, penandatanganan pakta integritas, dan bimbingan teknis bagi anggota panitia pemungutan suara (PPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu. (Minggu,26 Mei 2024).

Kegiatan yang dihadiri oleh beberapa pejabat penting, termasuk perwakilan dari Wali Kota Palu, Kapolresta Palu, Kajari Palu, dan Dandim 1306/Kota Palu. Wali Kota Palu diwakili oleh Sekretaris Kota Palu Ibu Irmayanti Pettalolo, S.Sos., M.M., sedangkan Kapolresta Palu diwakili oleh Kabag Ops Kompol Romy Gafur, S.H., M.H., Kajari Palu diwakili oleh Kasi Pidum Ibu Inti Astutik, S.H., M.H., dan Dandim 1306/Kota Palu diwakili oleh Danramil 1306-01/Palu Barat Kapten Arh. Hesky Almas.

Rangkaian acara dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan Ketua KPU Kota Palu Nomor 291 Tahun 2024 tentang Penetapan dan Pengangkatan Anggota PPS. Acara kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah oleh Ketua KPU Kota Palu, penandatanganan berita acara, pembacaan pakta integritas, serta penandatanganan pakta integritas oleh anggota PPS yang baru dilantik. Ketua KPU Kota Palu juga memberikan sambutan, dan acara diakhiri dengan pembacaan doa serta sesi foto bersama.

Setelah prosesi pelantikan, kegiatan berlanjut dengan bimbingan teknis kepada anggota PPS yang berasal dari 46 kelurahan dan 8 kecamatan di Kota Palu. Bimbingan teknis ini merupakan bagian dari upaya KPU Kota Palu untuk memastikan kesiapan anggota PPS dalam melaksanakan tugas-tugas penyelenggaraan Pilkada 2024.

Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan yang diselenggarakan oleh KPU Kota Palu dalam perekrutan Badan Ad Hoc yang akan menjalankan tugas-tugas penyelenggaraan Pilkada. Proses seleksi anggota PPS sebelumnya dilakukan melalui ujian tertulis dengan metode Computer Assisted Test (CAT) dan seleksi wawancara.

Selain itu, dalam rangka menjaga keamanan dan kelancaran proses Pilkada, Kapolsek di jajaran Polresta Palu melalui Bhabinkamtibmas di wilayah masing-masing diinstruksikan untuk melakukan koordinasi dan membangun komunikasi yang baik dengan para anggota PPS. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi dan mereduksi potensi permasalahan yang mungkin terjadi di tingkat kelurahan terkait tahapan Pilkada 2024.

Dengan terselenggaranya acara ini, diharapkan anggota PPS yang baru dilantik dapat menjalankan tugas mereka dengan integritas dan profesionalisme, demi kesuksesan Pilkada 2024 di Kota Palu.