BID HUMASGIAT OPSHUKUMNewsPOLRESTA PALU

Personel Satuan Lalu Lintas Polresta Palu Alihkan Arus Jalan Soekarno-Hatta Akibat Pohon Tumbang saat Hujan.

Polresta Palu,-Hujan deras yang mengguyur kota Palu pada Selasa, 28 Mei 2024, menyebabkan sebuah pohon besar tumbang di Jalan Soekarno – Hatta Jalur Trans Kota Palu. Peristiwa ini mengakibatkan arus lalu lintas di kawasan tersebut terhenti total. Untuk mengatasi situasi tersebut, Personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Palu segera turun ke lapangan dan melakukan pengalihan arus lalu lintas. Hujan deras yang mengguyur kota Palu pada Selasa, 28 Mei 2024, menyebabkan sebuah pohon besar tumbang di Jalan Soekarno – Hatta Jalur Trans Kota Palu. Peristiwa ini mengakibatkan arus lalu lintas di kawasan tersebut terhenti total. Untuk mengatasi situasi tersebut, Personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Palu segera turun ke lapangan dan melakukan pengalihan arus lalu lintas.

Menurut keterangan dari Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Palu, AKP Kanisius Franata, S.I.K., pohon tumbang tersebut terjadi sekitar pukul 03.00 WITA. “Saat itu hujan turun dengan intensitas cukup tinggi disertai angin kencang. Pohon yang sudah tua tidak mampu menahan beban dan akhirnya tumbang, menutupi seluruh badan jalan,” ujar Kanisius.

Begitu mendapatkan laporan dari warga, personel Satlantas segera bergerak ke lokasi untuk mengatur lalu lintas dan memastikan tidak ada kendaraan yang terjebak. Arus lalu lintas dialihkan ke jalan-jalan alternatif untuk menghindari kemacetan yang lebih parah. “Kami mengalihkan arus lalu lintas Ke Jalur Altenatif sebagai langkah antisipasi. Selain itu, petugas juga mengatur lalu lintas di persimpangan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan,” tambahnya.

Tim gabungan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Palu dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga dikerahkan untuk mengevakuasi pohon tumbang tersebut. Proses evakuasi berlangsung selama kurang lebih dua jam. “Kami berusaha bekerja secepat mungkin agar jalan bisa segera dibuka kembali. Pohon yang tumbang sudah berhasil dipotong dan dibersihkan dari jalan,” kata Salah satu Petugas DLH Kota Palu.

Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kejadian ini. Namun, peristiwa pohon tumbang ini sempat menyebabkan keterlambatan bagi beberapa pengguna jalan yang sedang dalam perjalanan. “Saya tadi sempat terjebak macet selama satu jam. Untung saja polisi segera mengatur lalu lintas sehingga kami bisa mencari jalur alternatif,” ujar Budi, seorang pengendara motor.

Kepala Satlantas Polresta Palu menghimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu berhati-hati, terutama saat cuaca buruk. “Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada saat berkendara di musim hujan. Perhatikan kondisi jalan dan lingkungan sekitar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tutup Kanisius

Dengan kerja cepat dan koordinasi yang baik antara berbagai pihak, arus lalu lintas di Jalan Soekarno – Hatta berhasil kembali normal. Peristiwa ini menjadi pengingat pentingnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi situasi darurat.