BID HUMASLatestNewsPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

UKP Juli 2024, 43 Personil Polres Banggai Laksanakan Ujian Beladiri

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Sebanyak 43 personel Polres Banggai mengikuti ujian beladiri Polri yang dilaksanakan guna melengkapi syarat Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) untuk meraih pangkat setingkat lebih tinggi, Kamis (30/5/2024) sore.

Pelaksanaan UKP berlangsung berisikan materi beladiri Polri mulai dari teknik dasar tendangan, pukulan, tangkisan, kuncian, menghadapi todongan senjata dan beragam teknik lainnya.

Kapolres Banggai AKBP Ade Nuramdani melalui Kabag SDM AKP Zaenudin menjelaskan, UKP umumnya dilaksanakan 2 kali dalam setahun bagi personel yang telah memenuhi syarat untuk jenjang pangkat berikutnya.

Dijelaskan pula oleh Kabag SDM, peserta UKP personel Polres Banggai ini untuk periode 1 Juli 2024 yang kesemuanya berasal dari Polres dan Polsek jajaran.

Rinciannya IPDA ke IPTU sebanyak 1 personel, dari pangkat AIPDA ke AIPTU sebanyak 21 personel, pangkat BRIPKA ke AIPDA sebanyak 6 personel, BRIGADIR ke BRIPKA, 6 personil dari BRIPTU ke BRIGADIR sebanyak 8 personel, dan BRIPDA ke BRIPTU sebanyak 1 personel.

Menurutnya, selain beladiri Polri, 13 komponen penilaian turut menjadi syarat yang dibutuhkan dalam kenaikan pangkat sehingga pelaksanaannya bukan sekedar formalitas.

“Peserta diimbau untuk mengikutinya dengan serius karena UKP merupakan bentuk penilaian sekaligus mengasah kemampuan beladiri Polri yang pernah dipelajari sebelumnya di lembaga pendidikan,” jelasnya.

Tak bisa dipungkiri, beladiri bermanfaat dalam menjaga dan mempertahankan keselamatan. Khusus bagi personel di lapangan, beladiri berguna untuk melumpuhkan para pelaku kejahatan.*HumasPolresBanggai