BID HUMASSATKER

Kapolda Mengajak Seluruh Komponen Bangsa Bersama-Sama Bergotong Royong

Palu, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Polda Sulawesi Tengah menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6/2024).

Upacara yang dipimpin Kapolda Irjen Pol Agus Nugroho itu berlangsung di lapangan upacara Polda Sulteng, Jl Soekarno Hatta, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu.

Turut hadir Wakapolda Brigjen Pol Soeseno Noerhandoko dan seluruh personel Polda Sulteng.

Upacara ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih, hening cipta, pembacaan Pancasila dan pembacaan Pembukaan UUD 1945.

“Pada hari ini 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila, hari ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang BPUPK,” tutur Irjen Pol Agus Nugroho.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila jiwa pemersatu bangsa menuju Indonesia emas 2045”. 

“Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Ondonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” ujar Kapolda Sulteng

Kapolda mengajak komponen bangsa untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

“Pancasila harus senantiasa dijiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah indonesia,” ucap Irjen Pol Agus Nugroho.

Ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. (ab)