BID HUMASGeneralGIAT OPSLatestNewsSATKER

Bid Dokkes Polda Sulteng Kawal Kesehatan Atlet di Puslatda Sulteng PON XXI

Palu, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Tim Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polda Sulawesi Tengah turut bersinergi mengawal kesehatan para atlet yang tergabung dalam Pusat Latihan Daerah (Puslatda) PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Wakil Ketua Bidang Kesehatan Puslatda Biddokes Polda Sulteng, Iptu Erik Joshua Gosal mengatakan pihaknya dibantu oleh beberapa instansi dalam mengawal kesehatan para atlet yang akan berlaga di PON XXI Aceh Sumut 2024.

“Kami tergabung dari beberapa instansi ada TNI, Bhayangkara, Dokkes, Dinas Kesehatan, dan Dispora,” ujarnya.

Iptu Erik menambahkan bahwa adapun jumlah personil yang menangani kesehatan para atlet sedikitnya 31 orang.

“Dari 31 orang itu kami ada Dokter, perawat, fisioterapi, measure, dan ahli gizi,” ujarnya.

Adapun pelayanan kesehatan kepada atlet menurut Iptu Erik yang juga seorang dokter itu mengatakan bahwa penanganan cedera menjadi hal utama yang mereka fokuskan.

“Pastinya nomer satu itu kita mengamankan kesehatan di lapangan, ketika atlet kita berlatih sebisa mungkin kami hadir untuk mengantisipasi cedera yang dialami ketika latihan,” tuturnya.

Terlebih lagi menurut Iptu Erik cabor-cabor prioritas cenderung memiliki resiko cidera yang tinggi.

“Kalau ada sakit di barak kami siaga disini sampai pagi, kita juga sediakan pelayanan di bidang fisio dan relaksasi otot agar para atlet bisa lebih fokus lagi,” ungkap Iptu Erik.

Iptu Erik menambahkan bahwa jika atlet mengalami masalah serius baik cidera ataupun kondisi kesehatan yang menurun, pihaknya akan langsung merujuk ke Rumah Sakit khusus yang telah disediakan.

“Jadi jika diperlukan penanganan yang lebih serius kami telah bekerja sama dengan rumah sakit Shindu Trisno, jadi keselamatan para atlet disini lebih terjamin,” tuturnya.

Selanjutnya ia memberikan semangat dan motivasi untuk para atlet agar berjuang di PON XXl Aceh Sumut 2024 sehingga dapat mengharumkan nama Sulawesi Tengah di Seluruh Indonesia.

“Tetap semangat, disini kalian dilatih tak hanya fisik tapi juga mental, semoga kalian dapat memberi yang terbaik untuk Sulawesi Tengah,” pungkasnya. (ab)