BID HUMASLatestNewsPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

Warga Sengketa Lahan, Bhabinkamtibmas Polsek Kintom Bantu Mediasi

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Warga binaan sengketa tanah, Bhabinkamtibmas Polsek Kintom Aipda Risdianto Silo bantu mediasi untuk menyelesaikan masalah tersebut, Kamis (6/6/2024) pukul 10.00 Wita.

Pihak kepolisian sector Kintom melakukan upaya mediasi penyelesaian sengketa perbatasan tanah kebun antara dua warga yakni bapak SU dan bapak AL, yang terletak di Kelurahan Nambo Padang Kecamatan Nambo Kabupaten Banggai.

Kejadian bermula saat SU mengklaim bahwa sebagian tanahnya telah dimiliki oleh AL, karena sudah tidak sesuai dengan ukuran yang ada. Namun pihak AL menyebutkan bahwa lahan tersebut benar miliknya.

Maka dari itu saat dilakukan pengecekan dan pengukuran kembali ke lokasi, kedua belah pihak menyadari bahwa adanya kekeliruan pada saat pengukuran awal mula dibelinya tanah tersebut.

“SU membeli tanah itu dari UY. Sedangkan AL membeli tanah dari AS yang titiknya tepat saling berdampingan,” sebut Bhabinkamtibmas.

Pada kesempatan tersebut, Risdianto menyebutkan permasalahan ini sering terjadi dan sangat rentan dengan terjadinya perselisihan yang dapat menimbulkan keributan baik itu kelompok maupun perorangan.

“Pemecahan masalah sengketa lahan dilakukan dalam bentuk musyawarah untuk mufakat agar tidak menimbulkan konflik yang berkepanjangan,” ujarnya.

Aipda Risdianto mengatakan juga bahwa dari mediasi yang dilakukan bersama pemerintah Kelurahan Nambo Padang, kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan sengketa batas lahan dengan kekeluargaan.

“Keduanya sepakat damai dengan menyepakati batas-batas lahan sesuai dengan hasil mediasi,” tutupnya.*HumasPolresBanggai