BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Peringati Hari Laut Sedunia 2024, Ditpolairud Polda Sulteng Gelar Aksi Bersih Pantai dan Laut

Tribratanews, Palu – Dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia (World Ocean Day 2024), Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah (Polda Sulteng) menggelar aksi bersih pantai dan laut, bertempat di pantai talise dan pantai kampung nelayan kota Palu Sulawesi Tengah, aksi tersebut melibatkan beragam pihak mulai dari aparat keamanan, instansi terkait, hingga masyarakat setempat. Sabtu (08/6/2024).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kabagbinopsnal (KBO) Direktorat Polairud Polda Sulteng AKBP Ridwan, S.H., dan diikuti oleh personel Ditpolairud Polda Sulteng bersama dengan Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Makassar serta masyarakat sekitar pantai talise dan pantai kampung nelayan kota Palu.

Lebih lanjut AKBP Ridwan mengatakan tujuan dari aksi bersih pantai ini adalah untuk membersihkan sampah-sampah di pantai dan laut agar lingkungan menjadi lebih bersih dan asri. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan laut.

“Wujud kepedulian kami hari ini adalah melaksanakan bersih-bersih pantai dan mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga laut kita dengan tidak membuang sampah di laut,” ungkap AKBP Ridwan

“Hari Laut Sedunia (World Ocean Day) diperingati sebagai pesan kepada dunia tentang pentingnya menjaga kesehatan ekosistem laut dan kelangsungan hidup biota laut,” jelasnya.

“Pantai talise dan pantai kampung nelayan ini merupakan destinasi wisata di kota Palu, sangat disayangkan kalau kondisinya kotor apalagi dipenuhi sampah plastik, Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh masyarakat kota Palu khususnya yang sering berkunjung ke tempat ini mari sama – sama menjaga kebersihan,” ucapnya menambahkan.

Diharapkan, melalui aksi bersih pantai dan laut seperti ini, kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan laut dapat terus ditingkatkan. Semoga, setiap langkah kecil ini dapat menjadi langkah besar dalam melestarikan keberagaman hayati laut dan menjaga keindahan alam bagi generasi mendatang. Tutup AKBP Ridwan. (PS)