BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Rapat Koordinasi Internal Polri bersama Polres Jajaran Jelang Pilkada Serentak Tahun 2024, Ini yang Dibahas

Tribratanews, Palu – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Biro Operasi menggelar kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Internal Polri bersama Polres jajaran dalam rangka penyusunan dan pembahasan anggaran pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di 13 Kabupaten dan Kota di wilayah Provinsi Sulteng, Rabu 12/06/2024 pagi, di Ballroom Best Western Coco Plus Hotel Palu.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Sulteng Kombes Pol Ferdinand Maksi Pasule, S.I.K., yang juga dihadiri oleh para Wakapolres, para Kabag Ops, serta para operator jajaran Polres Polda Sulteng.

Selain itu, juga dihadiri pemateri atau narasumber dari Satuan Kerja (Satker) Inspektorat Pengawasan Daerah (Itwasda) dan Biro Logistik yang turut serta memberikan pandangan dan informasi yang penting dalam penyusunan anggaran pengamanan tersebut.

Dalam sambutannya, Karo Ops menekankan pentingnya koordinasi dan persiapan yang matang dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2024 sesuai arahan bapak Kapolda Sulteng yakni Asta Siap yaitu, Siap Peranti Lunak, Siap Posko, Siap Latpra Ops, Siap Kondisi Kamtibmas, Siap Masyarakat, Siap Personel, Siap Sarpras, serta Siap Anggaran.

“Pilkada serentak merupakan momen penting bagi masyarakat dan negara. Oleh karena itu, pengamanan harus dilakukan secara maksimal dan efektif. Anggaran yang kita bahas hari ini harus benar-benar bisa mendukung terciptanya situasi yang aman dan kondusif selama proses pemilihan berlangsung,” ujarnya.

Karo Ops juga mengatakan bahwa setiap Polres di jajaran harus mampu bekerja sama dan saling mendukung untuk memastikan seluruh tahapan Pilkada berjalan lancar tanpa adanya gangguan keamanan.

“Kita harus siap menghadapi segala kemungkinan yang bisa terjadi selama Pilkada. Dengan anggaran yang tepat, kita bisa mempersiapkan segala kebutuhan logistik dan personel yang diperlukan,” tambahnya.

Tampak dalam Rakor tersebut para peserta Rakor terlihat antusias dalam mengikuti setiap sesi pembahasan. Para peserta Rakor dari berbagai Polres jajaran juga memberikan masukan dan usulan terkait kebutuhan spesifik di wilayah kerja masing-masing.

Selain pembahasan anggaran, rapat itu juga menjadi ajang evaluasi kinerja dan koordinasi antar satuan kerja dalam rangka memantapkan kesiapan Polri dalam mengamankan jalannya Pilkada serentak 2024.

“Diharapkan kepada seluruh Polres jajaran dapat lebih siap dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2024. Sinergi dan kerjasama yang solid antara semua elemen Polri menjadi kunci utama untuk memastikan keamanan dan kelancaran proses demokrasi ini,” pungkasnya.(fn)