BID HUMASLatestNewsPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

Perselisihan Tetangga Akibat Suara Bising Meubel di Luwuk Selatan, Bhabinkamtibmas Mediasi

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Bhabinkamtibmas Polsek Luwuk Aipda David FS telah berhasil memediasi permasalahan antar tetangga terkait gangguan suara mesin yang membuat bising di lingkungan mereka.

Permasalahan dimulai ketika seorang warga, inisial F, yang tinggal di Jalan Dr. Moh. Hatta Kelurahan Maahas Kecamatan Luwuk Selatan, melaporkan bahwa dirinya merasa terganggu dengan adanya usaha meubel yang berlokasi di sebelah rumahnya.

Suara bising dari mesin yang beroperasi dari pagi hingga sore bahkan sesekali malam hari disaat jam istirahat, menjadi sumber ketidaknyamanan bagi pelapor.

Menanggapi laporan ini, Bhabinkmatibmas, mencoba mendamaikan perselisihan antara kedua tetangga ini dengan mengadakan mediasi di Kantor Kelurahan Maahas, pada Jumat (14/6/2024) pagi.

Dalam mediasi yang dihadiri oleh Babinsa, Lurah, Kasi Trantib, pelapor, dan terlapor, yakni F dan U, proses mediasi berlangsung dengan cukup serius.

Keduanya sepakat untuk saling mengingatkan jika dikemudian hari terjadi hal-hal yang dianggap menggangu kegiatan usaha dan kehidupan bertetangga lainnya.

“Mereka berjanji untuk saling jaga keharmonisan, dan menandatangani berita acara mediasi,” ujar Aipda David.

Kasi Humas Polres Banggai, IPTU Al Amin S. Muda, menjelaskan bahwa tindakan Bhabinkatibmas merupakan bagian dari tugas dan fungsi mereka dalam menangani keluhan warga terkait keamanan dan ketertiban lingkungan serta menyelesaikan konflik antar warga.

“Tugasnya bersifat preventif, koordinatif, dan pelayanan kepada masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan harmonis,” jelasnya.*HumasPolresBanggai