BID HUMASSATKER

70 Hari Setelah Hari Raya Idul Fitri, Ada Apa Di Polda Sulteng?

Palu, Tribratanews – Idul Adha adalah hari raya atau hari besar kedua bagi umat Islam setelah hari raya Idul Fitri. Hari raya Idul Adha jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah menurut kalender Hijriah atau 70 hari setelah hari raya Idul Fitri. Seperti halnya Idul Fitri, umat Islam juga akan melaksanakan salat sunnah Idul Adha bersama-sama di masjid atau tanah lapang. Meskipun dirayakan setiap tahun, Idul Adha selalu memberikan makna mendalam bagi umat muslim. Ada kisah ketaatan Nabi Ibrahim a.s dan Nabi Ismail a.s yang bisa dijadikan suri tauladan di balik perayaan Idul Adha.

Idul Adha mengajarkan nilai-nilai pengorbanan, keikhlasan, kesabaran, ketaatan, dan nilai berbagi sekaligus. Terdapat perintah untuk menyembelih hewan kurban dan melaksanakan ibadah haji yang wajib dilaksanakan bagi Anda yang memiliki kemampuan dari segi finansial maupun fisik.

Pada hari besar itu Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar Shalat Idul Adha 1445 Hijriah yang dihadiri oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta mengundang masyarakat umum untuk ikut serta dalam perayaan tersebut. Acara ini berlangsung khidmat di Lapangan Apel Polda Sulteng, Senin 17 Juni 2024 mendatang.

Dalam pelaksanaan shalat Idul Adha kali ini, Polri mengangkat tema “Idul Adha meneguhkan nilai kepatuhan dan semangat pengabdian Polri guna mewujudkan kamtibmas menuju Indonesia maju”,

Bertindak sebagai khatib adalah Prof. KH. Zainal Abidin, M.Ag Ketua FKUB Sulteng dan shalat Idul Adha akan dipimpin H. Maulana Amin Tahir, S.H, M.H. Imam Masjid AR Rahman Polda Sulteng.

“Polda Sulteng akan menggelar Shalat Idul Adha 1445 Hijriah di Lapangan Apel, Insya Allah dalam pelaksanaan shalat Idul Adha akan dihadiri unsur forkopimda Sulteng. Sehingga diajak masyarakat untuk turut berjamah shalat Idul Adha di Polda Sulteng, pintanya.” ungkap Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Sulteng Kompol Sugeng Lestari. (ap)