BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Bersama Ribuan Masyarakat, Kapolda Sulteng dan Forkopimda Sholat Idul Adha 1445 H di Mapolda Sulteng

Tribratanews, Palu – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Dr. Agus Nugroho, S.I.K.,S.H.,M.H., bersama unsur Forkopimda dan ribuan warga masyarakat melaksanakan Sholat Idul Adha 1445 Hijriah di Lapangan Apel Mapolda Sulteng, Jalan Soekarno Hatta, Kota Palu, Senin (17/6/2024).

Adapun Tema yang diangkat dalam pelaksanaan Idul Adha 1445 Hijriah kali ini yaitu “Idul Adha meneguhkan nilai kepatuhan dan semangat pengabdian Polri Guna mewujudkan Kamtibmas menuju Indonesia Maju”.

Selain itu yang bertindak sebagai imam adalah Maulana Amin Tahir dan Ketua FKUB Sulteng Prof. Dr. KH. Zainal Abidin menjadi Khatib pada pelaksanaan Sholat Idul Adha 1445 Hijriah tersebut.

Khatib Sholat Idul Adha 1445 Hijriah Prof. Dr. KH. Zainal Abidin mengatakan bahwa Idul Adha merupakan manifestasi dari ketulusan berkorban, kerendahan hati untuk melakukan refleksi historis dalam mengenang perjuangan dan pengorbanan Nabi Ibrahim AS.

“Jika Idul Fitri merupakan manifestasi kemenangan atas nafsu, maka Idul Adha merupakan manifestasi dari ketulusan berkorban, kerendahatian untuk melakukan refleksi historis dalam mengenang perjuangan dan pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan putranya Ismail AS, sekaligus memaknai nilai-nilai spiritual dari manasik haji,” kata Prof Zainal Abidin yang juga Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulteng saat menyampaikan khutbah

Menurutnya, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha bermuara pada nilai-nilai kepedulian, ketakwaan, dan kesalehan sosial berupa ketulusan memaafkan, pentingnya silaturahim, dan etos berbagi yang disimbolkan dengan zakat fitrah pada Idul Fitri dan daging kurban pada Idul Adha.

“Haji tidak hanya sebagai kewajiban dan rukun kelima dalam Rukun Islam, melainkan sebagai ibadah sosial. Kerinduan kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad  menjadi unsur utama dalam menjalankan ibadah ini, di sinilah mereka dikumpulkan dari berbagai ras, etnik, suku dan bangsa,” ujarnya.

“Jika dalam ibadah haji kita mampu melebur dalam ikatan ukhuwah Islamiyyah dan mengabaikan segala perbedaan mazhab, ras dan kelas sosial. Maka dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kita pun mampu melebur dalam ikatan ukhuwah Insaniyah dan mengabaikan segala perbedaan termasuk perbedaan agama dan keyakinan,” katanya.
 
Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Sulteng yang telah menginisiasi pelaksanaan Sholat Idul Adha di Mapolda Sulteng.

“Sholat Idul Fitri kemarin dilaksanakan di Makorem yang juga dihadiri Unsur Forkopimda dan ini menunjukkan soliditas Forkopimda sudah terbangun dan kuat untuk menjaga harmonisasi pembangunan,” ujarnya. 

Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Pol Djoko Wienartono, S.I.K.,S.H.,M.H., melalui Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Sulteng Kompol Sugeng Lestari menguncapkan selamat Hari Raya Idul Adha Tahun 1445 H/2024. 

 “Untuk pertama kalinya, Shalat Idul Adha di Polda Sulteng dihadiri unsur Forkopimda Sulteng. Sehingga Idul Adha kali ini benar-benar terasa istimewa dirasakan keluarga besar Polda Sulteng dan masyarakat yang turut melaksanakan shalat Idul Adha secara berjamaah,” kata Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Sulteng Kompol Sugeng Lestari. 

” Kapolda Sulteng beserta Staf dan Bhayangkari dengan segala kerendahan hati mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha tahun 1445 H/ 2024, kepada kita semua, dan Semoga Kepada saudara dan saudari kita yang melaksanakan Ibadah Haji di Mekkah dapat berjalan dengan aman. ” Ucap Kompol Sugeng Lestari. (AWL)