BID HUMASSATKER

Pemuliaan Panji-Panji Tribrata Dan Pataka Polda Sulteng

Palu, Tribratanews – Kegiatan Upacara Pencucian / Pemuliaan Pataka Wira Dharma Brata dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Bhayangkara ke-78 di Gedung Aula Rupatama Mako Polda Sulteng, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Dr. Agus Nugroho, SIK, SH, MH, dalam hal ini yang bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) yang dihadiri Wakapolda Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko, Irwasda Kombes Pol. Asep Ahdiatma, para pejabat utama Polda Sulteng, beserta para perwira dan anggota Polri lainnya. (19/06/2024).

Dalam Upacara pencucian / pemuliaan Pataka ini dilakukan dengan menggunakan air suci yang sebelumnya telah diambil dari sumber mata air sungai Wentira Kebun Kopi, Kabupaten Donggala. sebelumnya telah diketahui air suci ini melambangkan wujud dari kesucian dan kesetiaan kita dalam menjalankan tugas pokok kita sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Pencucian pataka menjadi pedoman dan semangat bagi setiap insan Polri untuk tetap memegang teguh kebenaran, melaksanakan tugas pokok melindungi, mengayomi, melayani, serta menegakkan hukum dan mewujudkan pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Upacara dimulai dengan penghormatan kepada Inspektur Upacara, laporan perwira yang ditunjuk, dan penghormatan kepada Pataka Polda Sulteng Wira Dharma Brata, Setelah penghormatan, Pataka Polda Sulteng Wira Dharma Brata ditempatkan untuk dilakukan pencucian oleh Inspektur Upacara.

Dengan kegiatan ini, diharapkan semangat Tribrata dapat terus dijaga dan diinternalisasikan oleh seluruh anggota Polri dalam menjalankan tugas dan pengabdiannya kepada masyarakat. (ap)