BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Sambut Hari Bhayangkara Ke-78, Polres Poso Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Kawua

Tribratanews, POSO – Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke – 78, Jajaran Polres Poso menggelar upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kelurahan Kawua Kecamatan Poso Kota Selatan Kabupaten Poso Sulawesi Tengah. Senin (24/6/2024).  

Upacara dipimpin langsung Kapolres Poso AKBP Arthur Sameaputty, S.I.K., dihadiri Wakapolres Kompol Anton Muhammad dan Pejabat Utama Polres Poso, Kapolsek, Para Kanit, Ketua Bhayangkari Cabang Poso beserta Bhayangkari Poso.

Upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di tugu makam Pahlawan oleh Kapolres Poso. Setelah itu, dilakukan tabur bunga oleh seluruh peserta upacara di makam para pahlawan.

Ditemui usai pelaksanaan upacara, Kapolres Poso AKBP Arthur Sameaputty, S.I.K., menyampaikan upacara tersebut merupakan bentuk penghormatan kepada para pahlawan dan pejuang yang telah mempertahankan kemerdekaan NKRI.

“Selain itu, lewat ziarah dan tabur bunga ini diharapkan personel kami dapat meneladani nilai-nilai kepahlawanan dan diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas sesuai tupoksinya sebagai anggota Polri,” lanjut Kapolres.

Kapolres Poso menambahkan “Melalui momentum peringatan Hari Bhayangkara ke-78 ini, hendaknya dapat menjadi renungan bersama, khususnya dalam meneladani semangat perjuangan para pahlawan,” tambahnya

Usai pelaksanaan ziarah dan tabur bunga di makam pahlawan Kelurahan Kawua, Kapolres Poso beserta Rombongan bergerak menuju Dusun Tamanjeka untuk melaksanakan upacara ziarah dan tabur bunga di Tugu Prasasti Andi Sapa Sudirman Dusun Ratalemba Desa Masani Kecamatan Poso Pesisir Kabupaten Poso.

“Sebagai penerus bangsa kita harus menghargai jasa para pahlawan dan meneruskan perjuangan dalam pembangunan serta menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya

Kegiatan ini merupakan acara rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Polres Poso untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat serta untuk meningkatkan semangat dan solidaritas personel Polri dalam menjalankan tugas-tugas di masa depan.

“Kami berkomitmen untuk selalu siap siaga dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Poso. Semoga semangat juang para pahlawan dapat menjadi inspirasi bagi kita semua dalam menjalankan tugas sehari-hari,” tutup Kapolres. (PS)