BID HUMASSATKER

Tatap Muka Pertama Kali Irwasda Dengan Siswa Diktukba, Irwasda Beri Wawasan Tentang Fungsi Itwasda

Palu, Tribratanews – Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Kombes Pol Asep Ahdiatna, S.I.K, M.H. Berikan pembekalan kepada calon bintara remaja yang berjumlah 62 orang di aula SPN Labuan Panimba di Labuan. Senin pagi (08/07/2024)

kegiatan pembelakan yang sebelumnya telah di buka dan diawali oleh pembekalan dari Wakapolda Sulteng tersebut dinilai sangat penting untuk para siswa Ditkukba (Pendidikan Pembentuka Bintara) mempersiapkan diri menghadapi tantang tugas yang tinggal menghitung hari.

Diketahui pada tanggal 11 Juli 2024 siswa Diktukba Tahun 2024 ini akan dilantik dan tentu akan menjadi regenerasi baru di Polri khususnya POlda Sulteng.

Pada Kesempatan yang baik itu Irwasda Kombes Pol Asep berkesempatan membawa materi tentang satker Itwasda dengan tema Peran Itwasda dalam Pengawasan, Penjamin Kualitas Serta Pendampingan Terhadap Bintara Polri Dalam Membangun Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi dan Bersih Melayani (WBBM).

Mantan Ka SPN Polda Banten itu menerangkan kepada siswa Diktukba tentang peran Itwasda sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang salah satunya seperti yang disebutkan pada Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 1 tahun 2021 Pasal 2 tentang memberikan keyakinan memadai atas ketaatan, kehematan, efisiensi, dan efektivitas pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas dan fungsi Polri.

“Audit kinerja ini bertujuan supaya tupoksi kepolisiain dilakukan berdasarkan ketaatan, kehematan, efekktif, efisien.” Terang Kombes Asep

“Dalam Melakukan Audit dan Pengawasan tidak bisa asal-asalan hanya berdasarkan asumsi, ada 2 (dua) dasar sasaran dalam melakukan audit kinerja. Pertama, Sistim Pengendalian Intern di lingkungan Polri. Kedua, Kepatuhan terhadap peraturan perundang- undangan. Jelas Kombes Asep dalam membawakan materi.

Dipentup pembekalannya, Kombes Asep yang pernah menjadi Ka SPN itu berpesan untuk selalu bersyukur dan selalu ingat kepada Tuhan saat bertindak, hingga ucapkanlah terima kasih kepada orang tua masing-masing peserta didik yang sedalam-dalamnya. “Utamanya kepada ibu, bila perlu kalian sujud dan cium kaki ibu kalian.” Tutupnya. (PS)