BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Cegah Dini Potensi Konflik, Bhabinkamtibmas Dampingi Pihak Terkait Lakukan Pengecekan Tapal Batas Desa

Tribratanews, Sigi – Kepolisian Resor (Polres) Sigi berkomitmen untuk tetap menjaga situasi kamtibmas yang tetap kondusif di wilayahnya, sebagaimana langkah Kepolisian yang dilakukan oleh Bhabinkamtihmas Desa Omu dan Bhabinkamtibmas Desa Simoro Kecamatan Gumbasa.Selasa (09/07/2024) pagi,

Bhabinkamtibmas Desa Omu Bripka Ahmad Lapata dan Bhabinkamtibmas Desa Simoro Bripka Taufiq bersama Babinsa Omu dan Babinsa Simoro mendampingi pihak-pihak terkait seperti Pemdes Omu, Pemdes Simoro, dan petugas Balai Taman Nasional Lore Lindu (BTNLL) melakukan pengecekan tapal batas antara Desa Omu dan Desa Simoro Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi.

Kapolres Sigi AKBP Reja A. Simanjuntak, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasihumas Polres Sigi Iptu Nuim Hayat, S.H., mengatakan bahwa pendampingan ini dilakukan sebagai bentuk langkah preemtif guna mencegah sejak dini potensi konflik yang bersumber dari masalah tapal batas desa.

“Sebagai bentuk upaya cegah dini potensi konflik yang bersumber dari masalah tapal batas wilayah,  Bhabinkamtibmas bersama Babinsa TNI melakukan pendampingan kepada Pemerintah Desa (Pemdes) dan petugas BTNLL menyusuri perbatasan antara Desa Omu dan Desa Simoro.” Ujar Kasihumas.

“Diantara sumber potensi konflik dapat berasal dari permasalahan tapal batas wilayah, sehingga diharapkan dengan langkah ini sumber potensi konflik tersebut dapat ditiadakan.” Ungkap Kasihumas.

“Kami berharap agar warga masyarakat dapat beraktifitas dengan aman dan nyaman, bila terdapat persoalan di Desanya apalagi yang dimungkinkan dapat menjadi potensi konflik agar dapat segera diselesaikan.” 

“Untuk penyelesaian masalah tersebut agar dapat melibatkan pihak-pihak yang berkompeten dengan melibatkan Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pemdes, Tokoh-tokoh masyarakat setempat termasuk Tokoh agama dan Tokoh adat.” Imbau Kasihumas. (PS).