BID HUMASLatestNewsPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

Kompak, Polri dan Masyarakat Berjibaku Bersihkan Material Longsor di Balantak Selatan Banggai

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Peristiwa tanah longsor kembali terjadi di Jalan Umum yang menghubungkan Kecamatan Mantoh dengan wilayah Balantak Bersaudara, Kabupaten Banggai, Rabu (10/7/2024) jam 12.40 Wita.

Longsoran tanah yang terjadi di Desa Tombos Kecamatan Balantak Selatan menutupi seluruh badan jalan tersebut mengakibatkan akses transportasi terhenti sekitar 3 jam.

Untuk mengatasi hal tersebut, Kapolsek Balantak AKP Teddy Polii bersama anggota dan sejumlah masyarakat berjibaku membersihkan material longsor.

“Proses pembersihan tersebut dilakukan dengan cara manual yakni menggunakan skop,” ungkap Teddy.

Sekitar pukul 16.00 Wita, material longsor tersebut sudah sebagian besar dibersihkan dari badan jalan dan sebagian masih berada di badan jalan.

“Meski proses pembersihan belum sepenuhnya bisa dilakukan, namun jalan sudah bisa dilalui mobil roda empat dan motor,” bebernya.

“Tanah longsor ini terjadi lantaran curah hujan intensitas tinggi yang terjadi mulai pukul 09.00 hingga 12.30 Wita,” sambungnya.

Karena lokasi pembersihan, berada di daerah perbatasan yakni wilayah Popoan, jauh dari pemukiman masyarakat sehingga proses pembersihan memakan waktu cukup lama.

Masyarakat dan pengendara pun diimbau untuk tetap berhati-hati saat melintas di lokasi, mengingat potensi kembali terjadinya longsor susulan.*HumasPolresBanggai