BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Tingkatkan Kesiapsiagaan dan Kemampuan, Satuan Samapta Polres Banggai Intensifkan Latihan Dalmas

Tribratanews, Banggai — Dalam rangka kesiapan pengamanan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024, Polres Banggai mulai mengintensifkan pelatihan Pengendalian Massa (Dalmas). Pelatihan ini bertujuan untuk mengasah keterampilan dan kemampuan pasukan Dalmas. Polres Banggai melalui Satuan Samapta melaksanakan latihan Pengendalian Massa (Dalmas) sehingga dapat bertindak dengan cepat dan tepat dalam situasi yang memerlukan pengendalian massa yang bertempat di halaman Mapolsek Luwuk, Sabtu (13/7/2024) sore.

Kegiatan Latihan Pengendalian Massa (Dalmas) yang dipimpin langsung Kasat Samapta AKP Jimyarto Anasim tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan, disiplin, dan keterampilan anggota dalam menjaga Kamtibmas.

“Latihan ini dilakukan untuk memantapkan dan mempersiapkan anggota dalam menghadapi situasi-situasi baik itu demonstrasi, kerusuhan, atau situasi lainnya yang membutuhkan pengendalian kerumunan,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam latihan ini mempraktekkan sejumlah teknik Dalmas seperti formasi barisan, penggunaan peralatan seperti tameng, pentungan hingga gas air mata.

“Latihan Dalmas ini juga sangat diperlukan koordinasi dan komunikasi antar anggota,” imbuhnya.

Kasat Samapta AKP Jimyarto Anasim menyatakan, Polres Banggai berkomitmen menjaga agar proses Pilkada dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.

Selain aspek teknis, pelatihan ini juga menekankan pada aspek humanis dalam penanganan massa.

AKP Jimyarto Anasim menambahkan, “Kami juga memberikan pemahaman tentang pentingnya menghormati hak-hak warga selama tindakan pengendalian massa. Pendekatan humanis adalah bagian dari upaya kami untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif tanpa menimbulkan ekses yang tidak diinginkan.”

Selain itu Kasat Samapta AKP Jimyarto Anasim juga mengharapkan dengan pelatihan yang masif dan berkelanjutan, Pasukan Dalmas Polres Banggai dapat menjalankan tugas mereka dengan profesional, sehingga keamanan dan ketertiban selama penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Banggai dapat terjaga dengan baik. (PS).