BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Polres Sigi Lakukan Penyuluhan Tertib Berlalulintas Kepada Para Pelajar

Tribratanews, Sigi – Salah satu upaya Kepolisian Resor (Polres) Sigi dalam menekan terjadinya pelanggaran yang terjadi khususnya kecelakaan lalu lintas adalah dengan mengadakan penyuluhan tertib berlalu lintas di jalan raya. Salah satu kegiatannya adalah dengan menggelar Dikmas di SMP Negeri 4 Sigi Desa Kotapulu Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi.

Kegiatan Dikmas ini dipimpin oleh Aipda Hendra Lagandeng selaku personel Subsatgas Dikmas Satgas Preemtif. Dalam kesempatan tersebut, Aipda Hendra menyampaikan materi tentang pentingnya tertib berlalu lintas demi terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran (Kamseltibcarlantas) di wilayah Sigi.

“Melalui penyuluhan ini, kami berharap para siswa-siswi dapat memahami dan mematuhi peraturan berlalu lintas demi keselamatan bersama,” ujar Aipda Hendra.

Lebih lanjut, Aipda Hendra juga menghimbau para siswa-siswi untuk selalu melengkapi surat kendaraan, mengenakan helm, memakai knalpot standar, dan tidak menggunakan handphone saat berkendara.

Aipda Hendra juga menjelaskan mengenai sasaran prioritas pelanggaran lalu lintas dalam Ops Patuh Tinombala 2024, yaitu:
– Mengemudi dibawah pengaruh alkohol
– Menggunakan HP pada saat berkendara
– Pengendara dan penumpang tidak menggunakan Helm SNI
– Pengemudi dan penumpang depan tanpa sabuk pengaman
– Menerobos Traffic Light
– Pengemudi masih dibawah umur
– Knalpot tidak sesuai spesifikasi
– Kendaraan yang menggunakan lampu isyarat (Strobo)
– Over dimension dan over load.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Dikmas ini, para pelajar di SMP Negeri 4 Sigi dapat menjadi pelopor keselamatan di jalan raya dan turut berkontribusi dalam menciptakan Kamseltibcarlantas di wilayah Kabupaten Sigi.

Sebelum mengakhiri penyuluhan, Aipda Hendra Lagandeng berpesan agar para siswa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan menjadi kebutuhan. dengan diselenggarakannya penyuluhan ini diharapkan para siswa SMP Negeri 4 Sigi memahami dan mampu mengaplikasikan peraturan-peraturan lalu lintas tersebut dengan penuh kesadaran sehingga dapat mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas.(PS)