BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Satgas Preemtif Operasi Patuh Tinombala 2024 Gencar Edukasi Tertib Lalu Lintas di Kota Palu

Tribratanews, Palu – Satuan Tugas (Satgas) Preemtif Operasi Patuh Tinombala 2024 melaksanakan kegiatan edukasi dan sosialisasi terkait tata tertib lalu lintas kepada masyarakat di beberapa titik di Kota Palu, Jumat 19 Juli 2024 pagi.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mematuhi aturan lalu lintas demi terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

Salah satu lokasi yang menjadi fokus kegiatan sosialisasi adalah Pasar Inpres Manonda, Kota Palu. Di lokasi tersebut, personel Satgas Preemtif memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai 10 sasaran prioritas selama pelaksanaan Operasi Patuh Tinombala 2024.

Adapun 10 sasaran Operasi Patuh Tinombala 2024 meliputi pengendara roda dua yang tidak memakai helm, mengemudi kendaraan melebihi batas kecepatan, pengendara di bawah umur, tidak menggunakan sabuk keselamatan (safety belt), penggunaan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi teknis, kendaraan pribadi bukan dinas yang menggunakan lampu isyarat atau lampu strobe, pengemudi dalam keadaan mabuk atau di bawah pengaruh alcohol, penggunaan telepon genggam saat berkendara, melawan arus, kendaraan dengan over dimensi dan over load (ODOL).

Dalam sosialisasinya, personel Satgas Preemtif mengimbau masyarakat di Pasar Inpres Manonda untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas.

Satgas Preemtif menekankan pentingnya penggunaan sabuk keselamatan bagi pengendara roda empat atau lebih, serta kewajiban penggunaan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi pengendara dan penumpang sepeda motor.

Selain itu, masyarakat diingatkan untuk selalu melengkapi surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK, serta mematuhi rambu-rambu lalu lintas di jalan raya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Pol Djoko Wienartono menghimbau kepada masyarakat untuk selalu taat berlalu lintas, tidak hanya saat ada kegiatan operasi atau kegiatan lainnya, tetapi sebagai kesadaran sendiri demi terciptanya Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) di jalan raya.

“Kami berharap masyarakat bisa lebih disiplin dan sadar akan pentingnya mematuhi aturan lalu lintas. Dengan begitu, kita semua bisa berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang aman dan tertib di jalan raya,” pungkasnya.(fn)