BID HUMASLatestNewsPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

Bhabinkamtibmas Selesaikan Pemasalahan Ternak Makan Tanaman di Toili Barat

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Bhabinkamtibmas adalah anggota Polri yang bertugas sebagai pembina keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat.

Salah satu tugas penting Bhabinkamtibmas adalah mediasi permasalahan warga binaannya.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Toili Bripka I Made Suastana saat melakukan problem solving permasalahan ternak sapi yang memakan tanaman warga, Jumat (26/7/2024).

Kapolsek Toili AKP Raden Hermawan, mengungkapkan, permasalahan ini berawal saat pemilik ternak bernisial WS (40) IRT melepas sapinya di lahan yang ditanami Sawit milik HL (54) di Desa Pandanwangi, Kecamatan Toili Barat.

“Ternak sapi ini kemudian memakan tanaman sawit yang baru ditanam,” ungkapnya.

Atas kejadian itu, kata Hermawan, pemilik Sawit mengalami kerugian dan melaporkan permasalahan tersebut kepada pemerintah desa serta Bhabimkamtibmas.

“Permasalahan ini sudah selesai secara kekeluargaan dan pemilik ternak bersedia menganti kerugian,” kata Hermawan.

Terpisah, Kapolres Banggai AKBP Putu Hendra Binangkari, mengatakan, hadirnya Bhabinkamtibmas dibantu pemerintah setempat dalam menyelesaikan permasalahan warganya dapat menciptakan lingkungan yang harmonis dan mengurangi potensi konflik di masyarakat.

“Sehingga permasalahan yang terjadi di antara warga dapat diselesaikan secara damai tanpa harus melalui proses hukum yang panjang,” kata AKBP Putu.

Dirinya berharap, Bhabinkamtibmas jajaran Polres Banggai selalu hadir di tengah-tengah masyarakat agar tercipta hubungan yang baik.

“Karena Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Polri di kewilayahan,” pungkasnya.*HumasPolresBanggai