BID HUMASGIAT OPSHUKUMNewsPOLRESPOLRESTA PALU

Polresta Palu Menerima Kunjungan Puslitbang  Dalam Rangka Pengembangan SDM dan Organisasi Polisi Siber (Cyber Police).

Kegiatan PUSLITBANG Polri di Rupatama Polresta Palu.

PALU – Polresta Palu menerima kunjungan Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri dalam rangka gelar penelitian tentang pengembangan SDM dan Organisasi Polisi Siber (Cyber Police) di rupatama  Mapolresta Palu. Senin (1/04/2024)

Tim yang dipimpin oleh Kombes Pol Ade Djaja S, S.I.K., M.H. bersama 3 orang anggota tim lainnya masing- masing AKBP l Nengah Sukiarta, S.S , Bintang Dwitya Cahyono dan Penata L Yuli Pertiwi, S.E. yang diterima oleh Kapolresta Palu Kombes Pol. Barliansyah, S.I.K., M.H. Kabag SDM, kasat Reskrim, Serta Anggota Reskrim Polresta Palu 

Dalam sambutannya, Kombes Pol Ade Djaja S, S.I.K., M.H. selaku ketua tim menjelasakan bahwa penelitan yang dilakukan kali ini untuk mencari data, masukan dan informasi terkait pengembangan SDM dan Organisasi Polisi Siber(CyberPolice) di Satuan Kewilayahan.

Dengan tujuan penelitian ini adalah merumuskan masukan untuk pimpinan Polri dalam rangka strategi pengembangan SDM dan Organisasi Polisi Siber (Cyber Police) di kewilayahan.

Pelaksanaan penelitian dimulai hari ini Senin 01April 2024 dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini pengisian kuesioner kepada seluruh anggota Polri di Polda

jajaran yang bertugas pada fungsi Siber di Satuan Kewilayahan, FGD atau wawancara dengan pejabat pengemban fungsi SDM, dan

fungsi Reskrim terkait kondisi terkini (existing condition) Polisi Siber di satuan Kewilayahan serta pengembangan SDM Polisi Siber dalam mewujudkan Polisi 4.0 menuju era Society 5.0.

Kemudian pengumpulan data sekunder tentang data jumlah SDM, dukungan anggaran, sarana dan prasarana tungsi Siber, serta jumlah tindak pidana (TP) Siber 3 Tahun terakhir.

Penelitian ini sebenarnya sangat penting dilakukan mengingat perkembangan jaman dan teknologi semakin cepat berkembang.

Setelah ketua tim menyampaikan beberapa arahan, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan wawancara dan pengisian kuesioner kepada anggota Polri yang bertugas di fungsi Siber Polresta Palu.