Uncategorized

Jelang Pengamanan Idul Fitri, Polres Tolitoli Menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

Polres Tolitoli hari ini gelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas Sektoral menjelang Idul Fitri 1445 H / 2024 M.

Rangkaian kegiatan di Aula Parama Satwika Polres Tolitoli dengan melibatkan Forkopimda dan berbagai unsur pemerintah, TNI serta lembaga terkait lainnya, Senin (01/04/2024) Pagi.

Kapolres Tolitoli AKBP Bambang Herkamto. S.H., mengatakan bahwa Polres Tolitoli beserta Jajaran dengan didukung instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya menyelenggarakan operasi kepolisian terpusat dengan sandi operasi “KETUPAT TINOMBALA 2024” yang dilaksanakan selama 14 hari dengan mengedepankan kegiatan preventif, preemtif dan penegakan hukum guna mewujudkan situasi kamtibmas kondusif sehingga masyarakat dapat merayakan hari raya idul fitri dengan rasa aman dan nyaman, pada umumnya menjelang perayaan idul fitri maka terdapat peningkatan aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat Peningkatan aktivitas mudik dan liburan masyarakat dalam menyambut hari raya idul fitri berdampak bagi kondisi lalu lintas yang menyebabkan kemacetan di beberapa titik rawan macet, Dampak lain yang perlu diantisipasi adalah meningkatnya gangguan kamtibmas akibat dari meningkatnya keperluan dan kebutuhan masyarakat menjelang hari raya idul fitri.

Selanjutnya beberapa perwakilan dari instansi terkait memberikan masukan serta persiapan yang akan dilakukan menjelang perayaan Idul Fitri Tahun 2024 diantaranya sebagai berikut :

PT. Pertamina mengatakan bahwa menjelang arus mudik lebaran beberapa hambatan yang mesti diantiasipasi yaitu kemacetan dia area jalu Desa Lalos Kec. Galang yang merupakan tempat Wisata yang ramai dkunjungi oleh masyarakat, namun jalur tersebut juga mertupakan akses untuk armada Tangki Pertamina dikarenakan Depot Pertamina berada di Desa Lalos, Adapun Langkah antisipasi yang dilakukan yaitu Koordinasi Polsek dan Desa Lalos antisipasi jalan masuk keluar masuk d Pantai Lalos pasca lebaran, selain itu juga Mengatur jadwal keberangkatan mobil tangki khususnya yang menuju kearah selatan agar tidak terlalu terdampak dari jalur buka tutup di Wilayah Gungung Pangi., untuk kelancaran penyaluran BBM Depot Pertamina Tolitoli meyediakan 10 Unit 112 Kl dengan 33 Awak, Adapun tempat penyedia BBM di Kab. TOlitoli yaitu terdapat 5 SPBU, 6 APMS, dan 6 Pertashop.

Satpol PP, agar dilakukan pengawasan dan penindakan terhadap pelaku penimbunan Gas 3 Kg, karena hingga saat ini masih banyak oknum agen 3 Kg yang melakukan penimbunan,

Dinas Kesehatan, akan menyediakan 4 pos siaga di 4 titik rawan terjadi kecelakaan, serta menyiagakan unit ambulance reaksi cepat guna mengantisipasi adanya kecelekaan pada saat arus mudik nanti.

KSOP Pelabuhan Tolitoli, akan menertibkan penjualan tiket penumpang kapal laut yaitu KM. Sabuk Nusantara, jika terjadi lonjakan penumpang hendaknya pihak agent dak menambah tiket melampaui batas kapasitas Kapal tersebut demi keselamatan penumpang, selain itu itu akan berkoordinasi dnegan pihak KP3 Polres Tolitoli agar Bersama-sama melakukan pengamanan di Pelabuhan Dede Tolitoli.

“Rakor ini juga dilakukan sebagai bentuk sinergi antara instansi dan unsur forkopimda serta masyarakat dalam menjaga situasi kamtibnas,” ucapnya.

Bambang berharap, rakor lintas sektoral ini bisa menciptakan perayaan Idul Fitri 1445 dengan aman dan penuh kebahagiaan.

Kapolres juga mengajak, kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban. Sehingga, Idul Fitri 1445 Hijriah bisa menjadi perayaan yang berkesan bagi semuanya.

“Kami ingin memastikan bahwa semua warga bisa merayakan Idul Fitri dengan tenang dan nyaman tanpa kekhawatiran akan gangguan keamanan,” ujarnya.