Uncategorized

Temukan Ternak Yang Terkena Penyakit, Bhabinkamtibmas Himbau Peternak Isolasi Sapi Yang Terinfeksi

Touna – Respon cepat Bhabinkamtibmas Polsek Ampana Tete Polres Touna Aipda I Wayan Budi Gunarta mendatangi kandang sapi milik bapak Ujang Rahmat di desa Bulan Jaya yang diduda terinfeksi penyakit kulit, Selasa (30 Juli 2024) sekitar Jam 08.30 Wita.

Aipda Wayan Gunarta mengatakan, dari keterangan bapak Ujang Rahmat sang pemilik sapi awalnya satu ekor sapi jantan yang terkena penyakit kemudian menular pada sapi betina.

“Dia juga menyampaikan sudah di upayakan untuk mengobati sapi tersebut, namun makin hari semakin parah,” ujar Aipda Wayan.

Melihat kondisi sapi tersebut, Aipda Wayan menghubungi dokter hewan, setelah mengkonfirmasi dengan dokter hewan, sang dokter berkata sapi tersebut terinfeksi penyakit Bali-Ziekte.

Penyakit Bali-Ziekte ini adalah salah satu penyakit kulit dengan luka meradang yang sering dijumpai pada ternak sapi bali yang diakibatkan pengembalaan di bawah cahaya atau sinar matahari langsung.

Untuk penanganan awal penyakit Bali-Ziekte ini, Aipda Wayan mengimbau kepada bapak Ujang Rahmat untuk mengisolasi sapi-sapi yang sudah terinfeksi tersebut agar tidak menular kepada sapi lainnya.

“Isolasi pula ternak dari kontak sinar matahari langsung, kandangkan pada tempat yang teduh sampai ternak sapi benar-benar sembuh dan pastikan mendapatkan air minum yang bersih sebanyak mungkin,” pesan Aipda Wayan.