BID HUMASSATKER

Tactical Digital Game, Komitmen Polda Sulteng Menjaga Keamanan Selama Proses Pilkada 

Palu, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Polda Sulteng menggelar Latihan Tactical Digital Game (TDG) Sistim Pengamanan Kota (Sispam Kota).

Latihan itu digelar di Jodjokodi Convention Center, Jl Prof Moh Yamin Kelurahan Lolu Selatan, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu. Selasa (6/8/2024).

Kepala Bagian Operasional (KBO) Biro Operasi Polda Sulteng, AKBP Rahmad Lubis selaku Pimpinan Umum Latihan, membuka latihan TDG Sispam Kota tersebut. 

Dalam sambutannya, AKBP Rahmad Lubis menyampaikan bahwa TDG merupakan bagian dari tahapan manajerial pengamanan yang menggambarkan bagaimana operasi kepolisian yang akan digelar dengan sandi Operasi Mantap Praja (OMP) Tinombala 2024.

“Jadi TDG ini untuk melatih respon satuan tugas (satgas) dalam menghadapi berbagai situasi dan ancaman yang mungkin terjadi selama tahapan Pilkada 2024 nanti,” tutur AKBP Rahmad LubisIa menambahkan bahwa latihan itu bertujuan memberikan pembekalan tentang strategi menghadapi situasi pengamanan Pilkada.

“Ini adalah bentuk komitmen Polda Sulteng dan Polres jajaran untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada serentak 2024,” ujarnya.

AKBP Rahmad Lubis juga menekankan pentingnya keseriusan peserta dalam mengikuti instruksi dan menghadapi berbagai contoh kasus yang diujikan. 

“Kita harus selalu peka dan tidak underestimate menghadapi berbagai tantangan demi mewujudkan Pilkada 2024 yang aman, adil dan damai, khususnya di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah,” ucap AKBP Rahmad Lubis.

AKBP Rahmad Lubis berharap situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Sulawesi Tengah tetap damai dan kondusif selama tahapan Pemilu 2024.

“Untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif Kepolisian tidak dapat bekerja sendiri tetapi diperlukan sinergi dengan seluruh stakeholder terkait,” tutup AKBP Rahmad Lubis.

Latihan Tactical Digital Game ini dilaksanakan di bawah kendali Direktur Latihan AKBP Rentrix Riyaldi Yusuf, yang juga merupakan Wadansat Brimob Polda Sulteng. (ab)