BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Jelang Pilkada 2024, Ditpamobvit Polda Sulteng Gelar Peningkatan Kemampuan Pengamanan VIP

Tribratanews, Palu – Direktorat Pegamanan Obyek Vital (Ditpamobvit) Polda Sulteng menjelang Pilkada serentak tahun 2024, menggelar pelatihan peningkatan kemampuan pengamanan Obyek Vital dan pengawal pribadi calon kepala daerah, berlangsung di Ballroom Hotel Paramasu dan Mako Ditpamobvit Polda Sulteng, 31 Juli-1 Agustus 2024.

Dirpamobvit Polda Sulteng diwakili Wadir Pamobvit AKBP Budhi Batara Pratidina membuka pelatihan yang dihadiri perwira ditpamobvit, Kanit Pamobvit Polres dan 26 personel pengawal pribadi calon kepala daerah pada Pilkada 2024.

Dalam sambutan pembukaan AKBP Budhi Batara Pratidina mengatakan, pelatihan ini untuk mengasah kembali kemampuan personel pengemban pengamanan obyek vital dan personel pengawal pribadi calon kepala daerah Pilkada 2024,

“Laksanakan pelatihan dengan penuh semangat, ikuti intruksi dan petunjuk pelatih. Utamanya rekan-rekan yang terpilih sebagai pengawal pribadi calon kepala daerah Pilkada 2024,” ujarnya

Untuk diketahui Pengamanan VIP merupakan usaha, pekerjaan dan kegiatan dalam rangka pencegahan, penangkalan dan penanggulangan serta penegakkan hukum terhadap setiap ancaman dan gangguan terhadap bahaya langsung maupun tidak langsung yang mengancam keselamatan jiwa atau raga VIP, tegas mantan Kapolres Tolitoli.

Selain itu ungkap AKBP Budhi, kita juga dituntut untuk melakukan penyelamatan VIP yaitu suatu tindakan penyelamatan segera dalam keadaan darurat, terhadap bahaya langsung atau tidak langsung di suatu tempat atau dari tempat satu ke tempat lain.

Sementara itu Kasubdit VIP AKBP Lexy Gagola dalam materinya menerangkan yang perlu dijaga dan diamankan dari seorang VIP yaitu Keselamatan Jiwa, Keselamatan fisik/raga dan kewibawaan atau harga diri.

Lanjut AKBP Lexy Gagola juga menjelaskan ketentuan umum formasi pengamanan VIP, berbagai bentuk ancaman terhadap VIP, prinsip penyelamatan VIP dan prosedur penyelamatan VIP.

Peserta oleh tim pelatih tidak hanya dibekali teori pengamanan VIP tetapi juga dipraktekkan berbagai Sikap dasar pengamanan VIP, formasi pengamanan VIP, ujar Lexy

“Saya berharap dalam pelatihan ini peserta memahami pelaksanaan pengamanan dan penyelamatan Very Important Persomn (VIP) sebagaimana standar kompetensi, sehingga mereka terampil melaksanakan pengamanan dan penyelamatan VIP,” pungkasnya.(fn)