BID HUMASGIAT OPSHUKUMLatestNewsPOLRESPOLRESTA PALU

Polsek Mantikulore Polresta Palu Sambangi Tempat Loakan Barang Bekas, Himbau Waspada Terhadap Barang Curian.

Polresta Palu – Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polsek Mantikulore, personel patroli Polsek Mantikulore Polresta Palu menyambangi sejumlah tempat loakan barang bekas di Kecamatan Mantikulore dan Kecamatan Palu Timur, Kota Palu, pada Selasa, 11 September 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan himbauan kepada para pemilik loakan agar lebih waspada terhadap barang-barang bekas yang mereka terima, terutama peralatan kendaraan bermotor dan alat elektronik, yang bisa jadi merupakan hasil kejahatan.

Patroli yang dipimpin oleh Aiptu M Ikbal, ini dilaksanakan dalam rangka pencegahan tindak pidana pencurian, yang belakangan ini kerap melibatkan barang-barang bekas sebagai hasil curian. Tim patroli mengunjungi beberapa lokasi loakan di wilayah Kelurahan Tondo,Talise, Talise Valangguni dan sekitarnya yang dikenal sebagai tempat jual-beli barang bekas.

Aiptu Ikbal menjelaskan pentingnya para pedagang barang bekas berhati-hati dalam menerima barang-barang yang mencurigakan. “Kami menghimbau kepada para pedagang loakan agar lebih waspada saat membeli barang bekas, terutama peralatan kendaraan bermotor seperti mesin, knalpot, hingga spare part, serta alat elektronik seperti handphone, laptop, dan televisi. Jangan sampai barang-barang yang diterima ternyata merupakan hasil dari tindak pidana pencurian,” ujarnya di sela-sela patroli.

Polisi juga mengingatkan kepada para pedagang untuk mencatat identitas penjual barang bekas dan melakukan pengecekan lebih lanjut terhadap barang-barang yang diduga mencurigakan. Hal ini penting agar tidak ada pedagang yang terjerat dalam kasus pidana penadahan barang curian. “Pedagang harus memastikan bahwa barang yang diterima bukan hasil dari kejahatan. Jika merasa curiga terhadap asal usul barang, segera laporkan kepada kami untuk ditindaklanjuti,” tegasnya.

Selain memberikan himbauan, personel patroli juga berinteraksi dengan masyarakat setempat untuk mendengarkan keluhan dan masukan terkait keamanan di lingkungan sekitar. Warga menyambut baik kegiatan patroli ini, dan berharap agar pengawasan terhadap tempat-tempat loakan barang bekas bisa terus dilakukan secara rutin.

Patroli ini juga menjadi bagian dari upaya preventif Polsek Mantikulore dalam mengurangi angka kejahatan pencurian yang sering terjadi di wilayahnya. Kegiatan patroli dan himbauan serupa akan terus ditingkatkan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi masyarakat.

“Dengan kerjasama antara pihak kepolisian dan masyarakat, kami berharap bisa meminimalisir peredaran barang curian di tempat loakan dan menekan angka kejahatan di wilayah Mantikulore,” tutup Ikbal.

Pihak Polsek Mantikulore juga mengimbau masyarakat untuk segera melaporkan jika mengetahui adanya aktivitas yang mencurigakan atau menemukan barang yang diduga hasil kejahatan. Patroli rutin ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap tindak kriminal yang mungkin terjadi di sekitar mereka.

Kegiatan patroli dan sosialisasi ini merupakan salah satu wujud nyata komitmen Polresta Palu, khususnya Polsek Mantikulore, dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayahnya.