BID HUMASSATKER

Polda Sulteng Mengikuti Acara Pembukaan Sosialisasi Indonesia’s FOLU Net Sink Tahun 2030

Palu, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kapolda Sulawesi Tengah Diwakili Wadir Krimsus Polda Sulteng Akbp Muhammad Yudir Sulistiyo, S.I.K, Mengikuti Acara Pembukaan Sosialisasi Indonesia’s FOLU Net Sink Tahun 2030 di Provinsi Sulawesi Tengah Sekaligus Dirangkaikan Dengan Penanaman Bibit Pohon. Gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulawesi Tengah (Jln. Samratulangi), Senin 13 Maret 2023. Pukul 08.00 Wita.

Dalam Hal Ini Hadir Dr. Ir Ruandha Agung Sugardiman, M.Sc. Direktur Jenderal Pianologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Prof. Dr. Ir. Winarni Monoarfa, MS., Staf Ahli Menteri Bidang Energi, hadir Juga Ibu Sekda Daerah Provinsi Sulteng Dra. Novalina M.M., Kolonel Inf Fifin Zudi Saiduddin, S.Pd. Korem 132/Tdl, Dan Unsur Forkopimda Yang Hadir  Mengikuti Acara Pembukaan Sosialisasi Indonesia’s FOLU Net Sink Tahun 2030.

Kegiatan Ini Di Buka Dengan Sambutan  Ibu Sekda Daerah Provinsi Sulteng Dra. Novalina M.M. Mengatakan, Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu langkah awal penyebarluasan informasi indonesia’s Folu Net Sink 2030 khususnya di Provinsi Sulteng yang akan dilanjutkan dengan penyusunan rencana kerja indonesia’s Folu Net Sink 20230 Provinsi Sulteng, dan bertujuan untuk menyusun suatu dokumen perencanaan yang menjabarkan target penurunan emisi gas rumah kaca sampa dengan tahun 2030 di provinsi sulteng.

Dalam upaya mitigasi pengendalian iklim, sector kehutanan memiliki porsi terbesar di dalam target penurunan emisi gas rumah kaca yaitu sebesar 60% dalam pemenuhan target netral karbon atau Net-Zero Emssion. Artinya, keberhasilan pengendalian iklim sangat bergantung pada keberhasilan sector kehutanan dan penggunaan lahan lainnya.

Kebijakan untuk mendukung aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim perlu terus ditingkatkan dan lebih terstruktur mulai dari tingkat nasional, Provinsi, hingga kabupaten/kota pemerintah pusat dan daerah, akademisi, pelaku usaha, serta pihak terkait lainnya diharapkan bekerja sama – sama melalui aksi percepatan dan implementasi langkah – langkah mitigasi domestic, serta peran penting untuk melindungi, melestarikan, dan memulihkan alam dan ekosistem dalam memberikan manfaat untuk adaptasi dan mitigasi iklim, sembari memastikan perlindungan sosial dan lingkungan. Tutup Ibu Sekda Provinsi. Ucapnya.

“Lingkungan yang sehat membutuhkan dukungan dan keterlibatan para pemangku kepentingan, khususnya di tingkat lokal, sehingga masyarakat berdaya dalam mengatur dan mengelola lahan serta melestarikan hutan Indonesia dengan lebih baik, Saya Berharap Semoga segala upaya dan usaha kita dalam penyelamatan lingkungan, senantiasa diberikan kemudahan dan kelancaran oleh Allah SWT.”tutup Kabid Humas Polda Sulteng (DA)