BID HUMASSATKERUncategorized

Rakor Forkopimda Dan Forkopimcam Se-Sulawesi Tengah, Polda Sulteng Nyatakan Netralitas Harga Mati Dan Siap Mengamankan Pilkada Serentak 2024

Palu, Tribratanews – Rapat Forkopimda, Kabupaten/Kota dan Forkopimcam Se-Sulawei Tengah 2024 yang mengangkat tema Melalui Rakor Forkopimda Kita Tingkatkan Kolaborasi dan Sinergitas Forkopimda dengan Forkopimcam Menjelang Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024, diadakan oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dengan tujuan untuk menyukseskan Pemilihan Umum Kepala Daerah (PEMILUKADA) serentak 2024 bulan November nanti.

Rapat Koordinasi yang di buka langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura itu dilaksanakan di Ballroom Hotel Best Western jalan Basuki Rahmat Kota Palu, Sulteng berjalan hikmat dan penuh suasana riang dikarenakan Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura atau yang akrab di sapa Bung Cudi itu bercerita soal hal-hal yang mengelitik pada sela-sela sambutannya.

Pada rapat koordinasi itu, panitia telah menyiapkan 4 (empat) pemateri yang salah satunya Kapolda Sulteng yang dalam hal ini di wakili oleh Kabag Binops Biro Operasional Polda Sulteng Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Rahmat Lubis, S.H., yang mengakat judul Peran Polri Dalam Menciptkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat menjelang Pemilukada serentak tahun 2024 di Provinsi Sulawesi Tengah.

Di awal materinya AKBP Lubis menerangakan 3 (tiga) dasar hukum pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. “Pertama, UU No. 10 Thn 2016 ttg perubahan kedua atas UU No. 1 Thn 2015 ttg penetapan peraturan pemerintah pengganti UU No. 1 Thn 2014 ttg pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi UU. Kedua, Peratura KPU RI No. 2 Tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024. Ketiga, Indeks potensi kerawanan Pilkada 2024 Ditintelkam Polda Sulawesi Tengah.”

“Polda Sulteng dalam Pilkada Serentak 2024 ini telah mempersiapkan 9.445 personel dan dari TNI 525 personel, Linmas 13.642 orang. yang kesemuanya ini tersebar dan diploting pada seluruh TPS di sulawesi tengah.” ujarnya.

“Dalam mendukung pengamanan Pilkada Serentak 2024, Polda Sulteng telah menerima dana Hibah dari seluruh Pemda Kabupaten/Kota total sebesar 121.011.585.000 Rupiah.” Lanjutnya.

Polri yang menjadi pilar utama keberhasilan Pilkada Serentak 2024 ini mempunyai 4 (empat) indikator kebershasilan dalam melaksanakan tugas ini. Yaitu :

  1. Berlangsung aman dan lancar sesuai aturan berlaku;
  2. Partisipasi yang tinggi;
  3. Tidak terjadi konflik yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa terutama konflik kekerasan;
  4. Pemerintah yang ada tetap berjalan baik di pusat maupun daerah

“Sebelum menutup materi dari kami, ijinkan kami kembali menegaskan kami dari TNI-Polri menyatakan Netralitasi Harga Mati tidak akan ada personel kami yang tidak netral.” tutup Lubis. (PS)