BID HUMASSATKER

Pengamanan Pilkada 2024, Polda Sulteng Melibatkan 6.204 personel

Palu, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) meningkatkan kesiapsiagaan personel pemelihara keamanan (harkam) dalam menghadapi berbagai potensi gangguan keamanan menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

“Rapat kerja teknis (rakernis) ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan personel Harkam dalam menghadapi berbagai potensi gangguan keamanan, khususnya menjelang pilkada 2024,” kata Kapolda Sulteng Irjen Pol. Agus Nugroho pada kegiatan Rakernis Fungsi Harkam di Kota Palu, Kamis.

Rakernis tersebut mengusung tema “Polda Sulteng presisi yang proaktif dan adaptif siap mengamankan Pilkada serentak 2024 dan mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan”.

Untuk itu, Kapolda menekankan pentingnya peran fungsi Harkam dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang pilkada serentak ini.

“Situasi kamtibmas saat ini sangat dinamis, terutama mendekati Pilkada. Tantangan tugas kita ke depan semakin berat dan kompleks,” katanya.

Ia mengatakan situasi politik menjelang pilkada 2024 mengalami peningkatan suhu politik, sehingga berpotensi menimbulkan kerawanan sosial politik yang dapat menjurus kepada gangguan kamtibmas.

Oleh karena itu, lanjut Kapolda, optimalisasi kinerja dan kesiapan operasional Polri mutlak untuk dilaksanakan. Ia berharap melalui rakernis ini, fungsi Harkam melalui Ditsamapta, Ditpamobvit, Ditpolairud dan Ditbinmas dapat berkontribusi aktif dalam mewujudkan kamtibmas yang kondusif

Pada kesempatan itu, dia juga mengingatkan seluruh personel untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan tugas.

“Sesuai Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002, Polri harus bersikap netral dalam kehidupan berpolitik. Anggota Polri tidak boleh terlibat dalam kegiatan politik praktis,” ujarnya.

Terakhir, Kapolda menekankan kepada jajarannya terkait empat jaga, yaitu jaga diri, jaga keluarga, jaga Institusi dan jaga hubungan baik dengan masyarakat dan stakeholder atau pemangku kepentingan.

Pilkada serentak 2024 yang akan berlangsung di Provinsi Sulawesi Tengah dengan pemilihan gubernur/wakil gubernur, wali kota/wakil wali kota dan 12 pemilihan bupati/wakil bupati.

Dalam pelaksanaan pengamanan pilkada 2024, Polda Sulteng akan melibatkan 6.204 personel, terdiri dari 1.910 personel Polda Sulteng dan 4.294 personel Polres jajaran. (ab)