BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

29 Bintara Polda Sulteng Dinyatakan Lulus Terpilih PAG Perwira Polri

Tribratanews, Palu – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Dr Agus Nugroho, S.I.K, S.H., M.H., diwakili Kepala Biro (Karo) Sumber Daya Manusia (SDM) Kombes Pol Heru Budi Prasetyo, S.I.K menghadiri sekaligus memimpin Sidang Kelulusan Akhir Tingkat Panda Seleksi Pendidikan Alih Golongan (PAG) dari Bintara ke Perwira Polri Tahun Anggaran (T.A) 2024, Jumat 13/09/2024, pagi.

Bertempat di Rupatama Polda Sulteng, Acara dihadiri sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polda Sulteng dan peserta seleksi calon PAG sebanyak 50 personel.

Karo SDM mengatakan seleksi ini merupakan bagian dari pengembangan karir untuk membangun SDM Polri yang berkualitas, unggul dan kompetitif dalam rangka mewujudkan Polri yang profesional, modern dan terpercaya sebagai pemelihara kamtibmas, penegak hukum serta pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Oleh karenanya setiap calon peserta didik dituntut memiliki kualitas atau standar yang dipersyaratkan, baik yang menyangkut aspek etika kepribadian, inteligensia, psikologis, kesehatan maupun aspek jasmani,” terangnya.

Karo SDM menyampaikan bahwa proses seleksi ini diawali dengan pendaftaran secara online yang dimulai dari tanggal 2 sampai dengan 11 Agustus 2024.

“Adapun jumlah pendaftar PAG yang terverifikasi sebanyak 91 orang, terdiri dari 90 Polki dan 1 Polwan,” ungkapnya.

Masih kata Karo SDM, setelah melalui tahapan seleksi, peserta seleksi PAG yang hadir saat ini untuk mengikuti sidang akhir kelulusan tingkat Panitia Daerah (Panda) sebanyak 50 personel Polki.

Dari 50 personel Polki yang memenuhi syarat untuk mengikuti pendidikan PAG yakni sebanyak 29 personel, diantaranya 2 personel penghargaan dari Kapolda, 12 kuota mabes, 15 personel kuota regular.

Karo SDM berpesan, bagi personel yang dinyatakan lulus terpilih, agar tidak larut dalam kegembiraan karena masih ada tahapan pemeriksaan kesehatan seleksi tingkat pusat yang harus dilaksanakan.

Sedangkan kepada peserta seleksi, yang dinyatakan lulus tidak terpilih, lanjut Karo SDM, agar tidak kecewa dan berkecil hati karena masih ada seleksi Pendidikan Alih Golongan (PAG) ditahun berikutnya.

“Apa yang menjadi kekurangan ditahun ini dievaluasi segera lakukan perbaikan sehingga di tahun depan saudara-saudara yang belum lulus terpilih, dapat menjadi salah satu peserta yang lulus terpilih,” pungkasnya.

Bagi peserta yang dinyatakan lulus terpilih akan diberangkatkan pada tanggal 4 Oktober 2024 dan pendidikannya akan dibuka secara resmi pada tanggal 8 Oktober 2024 di Setukpa Lemdiklat Polri, dengan lama pendidikan selama 1 bulan.(fn)