BID HUMASSATKER

Polres Tolitoli Menghimbau Masyarakat Bijak Bermedia Sosial

Tolitoli, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Memasuki masa kampanye Pilkada Serentak 2024, Polres Tolitoli menghimbau masyarakat untuk bijak dalam bermedia sosial guna menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang aman dan kondusif. 

Kapolres Tolitoli, AKBP Bambang Herkamto, dalam wawancara dengan RRI menyatakan, “Di era informasi terbuka seperti sekarang ini, terutama di media sosial, semua pihak dapat membuat dan menyebarkan berbagai informasi. Oleh karena itu, semua pihak harus bijak dalam mengunggah dan menyebar berbagai hal.” Kata Kapolres Sabtu, (21/9/2024).

Kapolres menegaskan pentingnya menghindari penyebaran informasi bohong atau hoaks yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat, khususnya berita yang berkaitan dengan SARA. “Masyarakat diharapkan untuk terus meningkatkan literasi bermedia sosial dan tidak langsung percaya terhadap berita atau informasi yang belum tentu kebenarannya,” tambahnya. Menjelang Pilkada, semua pihak diminta untuk menahan diri dari tindakan yang dapat menimbulkan keresahan dan merusak nilai-nilai kerukunan yang selama ini telah terjalin dengan baik.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Tolitoli, Haji Muhamad Taslim, juga menekankan pentingnya menjaga kondusivitas jelang Pilkada. Dalam wawancara dengan RRI, ia menyatakan, “Kementerian Agama melalui para penyuluh terus menekankan pentingnya menjaga semangat toleransi. Umat diminta untuk tidak menyebarkan berita hoaks, karena selain dilarang oleh agama, hal tersebut juga dapat menyebabkan situasi yang tidak kondusif.”

Dengan semangat toleransi dan rasa persaudaraan, diharapkan Pilkada Serentak di Tolitoli dapat berjalan aman, lancar, damai, dan demokratis. (ab)