BID HUMASGIAT OPSHUKUMLatestNewsPOLRESPOLRESTA PALU

Kapolresta Palu Hadiri Deklarasi Kampanye Damai KPU Kota Palu dalam Rangka Pilkada Serentak Tahun 2024.

Polresta Palu – Kapolresta Palu, Kombes Pol. Barliansyah, S.I.K., M.H., menghadiri kegiatan Deklarasi Kampanye Damai yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu pada Selasa, 24 September 2024. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian Tahapan Pilkada Serentak 2024, khususnya untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palu periode 2024-2029.

Deklarasi ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Ketua KPU Kota Palu Idrus, S.P., M.Si. beserta anggota, Ketua Bawaslu Kota Palu Agussalim Wahid, S.E. beserta tim, Komandan Distrik Militer 1306 Kota Palu Letkol Inf. Rivan Rembudito Rivaim, Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, S.Sos., M.M., Ketua DPRD Kota Palu Rico A.T. Djanggola, S.Kom., M.Bus., Ketua Pengadilan Negeri Kota Palu Chairil Anwar, S.H., M.Hum., serta Kepala Kejaksaan Negeri Palu Mohamad Rohmadi, S.H., M.H. Para pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Palu juga turut serta dalam kegiatan ini.

Dalam amanatnya, Kapolresta Palu Kombes Pol. Barliansyah menyampaikan bahwa setelah sukses mengamankan Pemilu 2024, kini pihaknya bersiap untuk mengawal dan mengamankan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Kota Palu. “Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa setelah berhasil mengamankan Pemilu 2024, saat ini kita telah memasuki tahap penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 yang akan memilih Walikota dan Wakil Walikota Palu,” ujar Barliansyah.

Menurutnya, Pilkada serentak ini merupakan pesta demokrasi terbesar yang akan diadakan secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk Kota Palu. “Penyelenggaraan pemilihan kepala daerah ini akan dilaksanakan secara serentak di seluruh tanah air, termasuk di wilayah Kota Palu. Hal tersebut akan menjadi pesta demokrasi terbesar dalam sejarah penyelenggaraan Pilkada di Indonesia,” tambahnya.

Lebih lanjut, Kapolresta menegaskan bahwa Pilkada merupakan wujud nyata demokrasi yang dilakukan sebagai bentuk kedaulatan rakyat di tingkat daerah. “Pilkada pada hakikatnya merupakan wujud nyata demokrasi yang dilaksanakan oleh negara sebagai wujud kedaulatan rakyat di tingkat daerah untuk masa depan kehidupan daerah yang lebih baik,” katanya.

Kapolresta Palu Kombes Pol. Barliansyah, S.I.K., M.H. Saat Menandatangani Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Serentak Pasangan Calon Walikota dan Wawali Kota Palu Tahun 2024. Dok Humas Polresta Palu

Kombes Barliansyah juga menekankan pentingnya menjaga prinsip demokrasi dalam Pilkada 2024. “Esensi pemilihan kepala dan wakil kepala daerah ini sejatinya adalah untuk menciptakan sistem pemerintahan yang berdasarkan pada kehendak rakyat, yang menjaga prinsip-prinsip demokrasi, mendorong partisipasi politik warga negara, dan memastikan bahwa pemimpin yang terpilih mewakili kepentingan dan aspirasi masyarakat secara luas,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Barliansyah mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi dalam menciptakan suasana yang aman dan kondusif selama Pilkada. “Melalui kegiatan Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Serentak Tahun 2024, kita berharap kiranya seluruh elemen yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dapat bersinergi dan memberikan kontribusi positif sesuai tugas dan fungsi masing-masing dalam menciptakan situasi yang aman, damai, dan kondusif pada penyelenggaraan seluruh tahapan Pilkada Serentak 2024 di Kota Palu,” katanya.

Menutup sambutannya, Kapolresta Palu memberikan apresiasi kepada panitia dan seluruh pihak yang terlibat dalam acara deklarasi tersebut. “Saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada panitia dan seluruh hadirin yang hadir dalam acara Deklarasi Pilkada Damai ini. Semoga semangat demokrasi dan pesan damai ini menjadi motivasi bagi kita semua dalam menciptakan suasana yang aman, sejuk, dan damai pada setiap tahapan Pilkada 2024 di Kota Palu,” tutup Barliansyah.

Acara ini menjadi momen penting bagi seluruh pihak yang terlibat dalam Pilkada di Kota Palu, sebagai upaya mewujudkan pemilihan yang berlangsung secara damai dan demokratis demi masa depan Kota Palu yang lebih baik.