POLRESPOLRES TOUNA

Manfaatkan Sumber Daya Alam, Bhabinkamtibmas Polsek Ulubongaka Ingin Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Warga Binaannya

Touna – Bhabinkamtibmas Polsek Ulubongka mengikuti pelatihan pembuatan batu bata bersama warga pengrajin usaha di bnatu bata di Kelurahan Malotong Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una Una (Touna)

Mereka adalah Bripka Faisal A. L. Bhabinkamtibmas Desa Kasiala dan Bripka Surya Gama Bhabinkamtibmas Desa Takibangke Kecamatan Ulubongka Kabupaten Touna.

Kapolsek Ulubongka AKP Agus Habibie pada Kamis malam (26/09/2024) mengatakan, kedua personil Bhabinkamtibmas ini mengikuti pelatihan mulai dari mempersiapkan alat dan melakukan penggalian bahan mentah tanah liat.

“Tanah liat merupakan bahan baku untuk pembuatan batu bata. Tanah liat tersebut kemudian di aduk hingga halus agar mudah untuk di cetak,” ucap Kapolsek.

Dia menyampaikan, dua personil Bhabinkamtibmas ini akan terus berlatih sampai mereka mahir agar bisa mengajarkan dan membagi ilmu yang mereka dapatkan dari pelatihan tersebut kepada warga binaannya.

“Apabila para Bhabin sudah selesai pelatihan mereka akan melatih masyarakat dimasing-masing desa binaannya yakni masyarakat Desa Kasiala dan Desa Takibangke Kecamatan Ulubongka,” ujar AKP Habibie.

Untuk di ketahui Desa Kasiala dan Desa Takibangke ini adalah dua dari beberapa desa terpencil di pedalaman Kecamatan Ulubongka yang di huni oleh suku wana dan apabila ingin pergi kesana harus melewati medan yang sulit.

Kapolsek menambahkan, kegiatan ini merupakan inovasi Polres Touna melalui Polsek Ulubongka dengan Bhabinkamtibmasnya dalam upaya memberikan edukasi kemasyarakat dalam pemanfaatan sumber daya alam.

“Kami berharap dengan kegiatan ini nantinya para Bhabin dapat memberikan pelatihan dan edukasi kepada warga binaannya agar dapat meningkatkan ekonomi mereka melalui keterampilan membuat batu bata,” tutup Kapolsek.