BID HUMASLatestNewsPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

Hari Pertama Operasi Zebra Tinombala 2024, Polres Banggai Gelar Kampanye Berlalu Lintas

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Hari pertama Operasi Zebra Tinombala 2024, Polres Banggai menggelar kampanye keselamatan berlalu lintas di Jalan Mandapar, Kelurahan Tanjung Tuis, Kecamatan Luwuk Selatan, Senin (14/10/2024).

Kasat Lantas Polres Banggai AKP Arta Dwi Kusuma, mengungkapkan, dalam kegiatan itu masyarakat diberikan sosialisasi mengenai aturan lalu lintas yang harus dipatuhi, seperti penggunaan helm, larangan menggunakan handphone saat mengemudi dan tidak melawan arus dan sebagaianya.

“Tujuan diadakan gelar Operasi Zebra ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya disiplin berlalu lintas serta menekan angka kecelakaan lalu lintas,” ungkapnya.

Perwira jebolan Akpol tahun 2015 ini, mengatakan, Operasi Zebra ini menitikberatkan pada pendekatan edukatif melalui sosialisasi, tetapi bagi pelanggar akan diberikan teguran.

“Sedangkan pelanggaran yang sering menyebabkan kecelakaan fatal, seperti tidak memakai helm, melawan arus, dan melebihi batas kecepatan, akan diberikan sanksi tegas,” terangnya.

Mantan Kasat lantas Polres Morowali Utara ini menuturkan, terdapat 10 prioritas penindakan dalam Operasi Zebra ini diantaranya, mengemudi melawan arus lalu lintas, mengemudi di bawah pengaruh alkohol, menggunakan ponsel saat mengemudi, tidak menggunakan helm SNI bagi pengendara dan penumpang.

Selain itu, lanjutnya, pengemudi dan penumpang depan tanpa sabuk pengaman, menerobos lampu lalu lintas, pengendara motor di bawah umur, menggunakan knalpot tidak sesuai standar.

“Kendaraan dengan lampu strobo yang tidak sesuai ketentuan, pelanggaran Over Dimension dan Over Load (ODOL),” tuturnya.

Dirinya pun beraharap, Operasi Zebra ini dapat menciptakan lalu lintas yang lebih aman dan tertib untuk seluruh pengguna jalan.

“Operasi Zebra ini dilaksanakan selama 4 hari mulai 14 hingga 27 November 2024,” tutupnya.*HumasPolresBanggai