BID HUMASLatestNewsPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

Kapolsek Bualemo dan Tim Pokja Banggai Mediasi Masalah Petani Sawit dengan PT. WMP

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Polisi dan Pemerintah Daerah memediasi permasalahan petani plasma sawit Desa Toiba dengan PT. Wira Mas Permai (WMP) di Kantor Camat Bualemo Kabupaten Banggai, Jumat (18/10/2024).

Mediasi yang difasilitasi Kapolsek Bualemo AKP Haryadi dan Tim Pokja Kabupaten Banggai itu, guna mendengar aspirasi para pihak yang berselisih untuk dicarikan solusinya.

Dihadiri Staf Ahli Politik, Hukum dan Pemerintah, Kabag SDA, Dinas TPHP, Dinas Pertanian, Kehutanan dan Kelautan, Dinas Perkimtan, Danramil Pagimana, Sekcam Bualemo, Kades, BPD dan Petani sawit Toiba.

Adapun hasilnya bahwa petani setuju menerima letak lahan plasma yang berada diluar HGU PT. WMP, sambil perusahaan memperbaiki kebun plasma tersebut.

Maka untuk perhitungan sisa hasil penjualan plasma akan dihitung menggunakan peta block plasma pertama.

“Bahwa hasil Ini akan disampaikan dan dikoordinasikan pihak pemerintah kecamatan kepada perusahaan Wira Mas Permai,” ujar Kapolsek Bualemo.

Kata Haryadi, bagi Polri, yang terpenting adalah para pihak menjaga suasana Kantibmas yang kondusif, lebih-lebih menjelang Pilkada ini agar tak ada kegaduhan ditengah-tengah masyarakat.

“Kami polisi mencarikan solusi kedua belah pihak agar ada jalan keluarnya guna menjaga suasana Kantibmas ditengah-tengah masyarakat,” tuturnya.*HumasPolresBanggai