BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Abil, anak petani asal Damsel casis Bintara Polri Gel 1 2023

Tribratanews, Palu – Rabu 19/01/23. Akhir tahun lalu Polda Sulteng melakukan seleksi calon Bintara Gelombang 1 tahun 2023. Dari seleksi tersebut yang dinyatakan lulus untuk mengikuti pendidikan Bintara Polri sebanyak 92 orang, 5 diantaranya calon Polwan. Seleksi yang begitu ketat berhasil dilalui oleh para Calon Siswa, mereka harus melalui seleksi baik secara fisik dengan kesamaptaan jasmani, kesehatan dengan diperiksa secara detail oleh Dokkes, seleksi mental dengan mengikuti Psikotes dan pemeriksaan mental kepribadian, seleksi akademik melalui pengetahuan baik umum maupun bahasa asing.

Salah satu Casis yang ditemui oleh Tribratanews Polda Sulteng menyatakan bahwa seleksi yang dilakukan oleh panitia sangat profesional. Maksudnya dilakukan secara bersih, humanis dan akuntabel. Dirinya tidak menyangka akan lolos seleksi yang begitu ketat. Karena hanya dengan modal kemampuan dirinya memberanikan diri mendaftar sebagai calon Bintara Polri. Tidak peduli dengan isu yang berkembang, tidak peduli dengan omongan orang yang mengatakan masuk Polri harus bayar.

Abil, itulah nama Casis yang siap untuk mengikuti pendidikan. Terlahir di sebuah wilayah yang jauh dari ibukota baik Propinsi maupun kabupaten. Dia lahir di Dampal Selatan wilayah pesisir barat Sulteng dan masuk kabupaten Tolitoli. Orangtuanya hanya petani kebun, dan dirinya menempuh pendidikan umum dengan biaya hasil kebun orangtua. Sehari hari sepulang sekolah dirinya harus turut banting tulang membantu orangtuanya bertani.

Saat mengetahui ada pendaftaran Polri maka dirinya tertarik untuk mengikuti seleksi. Sebenarnya sejak kecil tidak ada cita cita menjadi Polisi, namun berjalanya waktu dirinya saat sekolah lanjutan atas ingin mengabdikan diri di korps Bhayangkara. Bermodalkan tekadyang kuat, doa orangtua serta keuletan yang tertanam sejak kecil semua seleksi dilalui dengan baik. Dan alhamdulillah dirinya dinyatakan lulus untuk mengikuti pendidikan.

Saat ditanyakan oleh Tribratanews Polda Sulteng perihal jalanya seleksi Abil mengatakan bahwa seleksi yang dilakukan sangat baik, tidak ada pembedaan dari sisi status sosial. Semua berjalan profesional, bahkan dirinya yang hanya anak seorang petani kampung bisa lolos terpilih untuk menjadi calon siswa Bintara Polri. Tidak lupa rasa hormat dan terima kasih disampaikan kepada kedua orang tuanya karena telah mendorongnya dengan doa, terimakasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja secara terbuka, bertanggung jawab, humanis serta bersih.(ab)