POLRES SIGI

Deklarasi Damai Pilkades dolo selatan, untuk menciptakan Situasi Kondusif, damai dan bermartabat 

SIGI,- Polsek dolo bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan dolo selatan menyelenggarakan Deklarasi Damai sebagai wujud komitmen bersama untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak diwilayah kabupaten sigi khususnya diwilayah hukum polsek dolo.

Deklarasi Damai dilaksanakan di halaman Kantor Camat Dolo selatan, Minggu (06/11/22)

Hadir dalam pelaksanaan Deklarasi damai tersebut yakni Camat Dolo Selatan Syarifudin, S.E., Kapolsek Dolo Iptu Lukman, Danramil 1306 Dolo Kapten Inf. Abd. Hafid, Sekcam Dolo Selatan Sarfin, SE, Kasi Tata Pemerintahan Hamzah Labaso, Para Kepala Desa Kecamatan Dolo Selatan, Para Ketua BPD, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Panwas, Panitia P2KD, serta paraCalon Kepala Desa Se Kecamatan Dolo Selatan dan perwakilan Tim sukses.

Pelaksanaan Deklarasi Damai ini dipimpin langsung oleh Camat dolo selatan dengan didampingi jajaran Forkopimcam Dolo selatan

Isi Deklarasi yang dibacakan secara serempak oleh seluruh calon kades dengan poin sebagai berikut :

Memegang teguh dan mengamalkan Pancasila serta dasar negara republik indonesia, undang undang dasar serta memelihara keutuhan negara menjaga kesatuan dan persatuan dalam bhineka tunggal Ika, Menjaga netralitas dan menjunjung tinggi nilai sportifitas dalam berkompetisi untuk memenangkan pertarungan sebagai kepala desa, Tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum, atau norma norma yang diatur dalam regulasi pemerintahan untuk mencapai tujuan, Menghindari tindakan provokatif, intimidasi atau paksaan yang dapat menciptakan komflik antar sesama  pendukung calon kepala desa, Tidak melakukan politik uang atau sogok menyogok dalam pelaksanaan Pilkades serta Menjaga kebersamaan, ketertiban dan keamanan antara sesama pendukung,dan calon kepala desa sekecamatan Dolo selatan berikrar siap menerima kekalahan ataupun kemenangan.

Dengan adanya ikrar dari Para calon kepala desa diharapkan bisa menjadi ikatan bersama untuk dapat membawa Pilkades dikecamatan Dolo selatan menjadi Pilkades yang bermartabat jujur dan damai, dengan menjunjung tinggi nilai nilai persatuan dan persaudaraan.

Usai mengucapkan deklarasi dilanjutkan dengan penandatanganan naskah deklarasi oleh para calon kepala desa beserta Camat, danramil serta Kapolsek.

Camat Dolo Selatan Syarifudin, SE.dalam sambutannya mengatakan Khususnya kepada panitia P2KD untuk selalu bersikap Netral sehingga tidak menimbulkan kecemburuan dan perselisihan

Bagi calon kepala desa yang belum terpilih bersama tim sukses harus legowo, kemudian para calon kepala desa yang terpilih agar mengedepankan rasa kebersamaan.

Sementara itu Kapolsek dolo Iptu Lukman juga menyampaikan “Tujuan diadakan deklarasi damai ini yakni untuk menjaga situasi Kamtibmas baik sebelum dan sesudah pelaksanaan Pilkades tetap kondusif”

“Saya mengharapkan dengan deklarasi damai tersebut, para calon Kades tidak melakukan tindakan-tindakan yang diluar ketentuan serta menghindari tindakan-tindakan Provokatif, intimidasi serta  politik praktis, politik uang dalam pelaksanaan pilkades serentak tahun 2022” Ucap Kapolsek

Lebih lanjut, Iptu Lukman mengajak para peserta deklarasi damain untuk menciptakan pemilihan kepala desa yang bermartabat dengan tetap megedepankan rasa persaudaraan diantara warga desa.

(Humas Polres Sigi)