BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Babinkamtibmas Solove Berbagi Ilmu Bertani di Desa Binaanya

Sigi, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Senin 14/11/22. Bicara sangat mudah, apalgi menilai perbuatan orang atau pekerjaan orang. Namun untuk menjadi bisa dan maju bukan hanya sekedar bicara, argument dan orasi serta berteori. Untuk bisa harus melaksanakan pekerjaan itu, dan jika dikerjakan maka hasilnya secara konkrit dapat dilihat dan dirasakan.

Itulah filosofi dari Bripka Suryana yang sehari hari sebagai babinkamtibmas desa Solove kecamatan Biromaru kabupaten Sigi. Pak Sur yang memang dibesarkan dari keluarga petani dan biasa bekerja keras memiliki kemampuan bertani yang handal. Namun kehandalanya bukan diperuntukan bagi dirinya saja.
Ilmu bertani yang dimilikinya di aplikasikan di desa binaanya yang warganya mayoritas petani. Namun cara bertani di desa binaanya hanya bertani secara tradisional dan apqa adanya. Hasil pertanianya hanya cukup untuk menghidupi keluarganya karena panenya tidak maksimal.

Saat ini dapat dirasakan oleh masyarakat di desa binaan Pak Sur, dimana Babinkamtibmas terjun langsung memberi contoh bertani yang baik seolah sebagai Petugas Penyuluh pertanian. Saat ini para petani sudah dapat mengolah tanah lading dan sawahnya dengan baik dan hasilnya jauh berbeda saat masih tradisional dulunya.

“Saya lahir sebagai petani, orang tua saya petani, sejak kecil saya sudah ditempa sebagai petani. Pulang sekolah ke lading, ke sawah untuk membantu orangtua bertani. Pengetahuan pertanian saya paling tidak dapat meningkatkan penghasilan warga di sini. Itulah sekedar pengabdian saya di desa yang menjadi binaan saya sebagai Babinkamtibmas “ ujar Pak Sur saat istirahat mencangkul lahan warga yang akan ditanami palawija.(KR)