POLRES BANGGAI

Kendaraan Taktis AWC Polres Banggai Terjun Padamkan Kebakaran Gudang Sembako di Luwuk

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Mobil AWC (Armoured Water Cannon) milik Polres Banggai diterjunkan untuk membantu memadamkan kebakaran gudang distributor sembako di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Karaton, Kecamatan Luwuk, Jumat (27/1/2023) malam.

“Peristiwa kebakaran gudang sembako UD. Sari Warna ini diperkirakan terjadi sekitar pukul 19.30 Wita,” ungkap Kasi Humas Polres Banggai Iptu Al Amin S. Muda, kepada awak media, Sabtu (28/1/2023) pagi.

Kejadian diketahui pertama kali oleh seorang saksi yang saat itu pulang sholat Isya dan mencium bau hangus dari dalam gudang.

“Saksi kemudian melihat kearah gudang dan terdapat titik api berasal di dalam ruang tengah gudang yang dengan cepat menjalar keruangan lainnya,” jelas Amin.

Sementara itu, menurut saksi lainnya, menyebutkan bahwa titik api berasal dari dalam ruang tengah gudang.

Pada saat itu juga, saksi bersama warga yang melihat kejadian itu mencoba berusaha membuka gembok kunci pintu gudang menggunakan palu dan linggis untuk menyelamatkan barang-barang.

“Namun barang-barang tersebut tidak bisa diselamatkan karena api sudah membesar dan membakar gudang,” terangnya.

Proses pemadaman juga melibatkan tiga unit mobil Pemadaman Kebakaran (Damkar) dan dua unit mobil penyuplai air.

“Warga juga berusaha memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadannya,” sebutnya.

Api berhasil dipadamkan TNI-Polri, Damkar dan masyarakat sekitar pukul 22.00 Wita, dan seluruh isi gudang ludes terbakar, kerugian materil diperkirakan 1 Miliyar.

“Dugaan sementara kebakaran terjadi diakibatkan hubungan arus pendek listrik/korsleting dalam gudang,” tutupnya.*Humas Polres Banggai