POLRES BANGGAI

Tumbuhkan Iman dan Taqwa, Tahanan Mapolres Banggai Buka Puasa dan Mengaji Bersama

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Jajaran kepolisian Resor Banggai dalam hal ini adalah satuan perawatan tahanan dan barang bukti (sat tahti) buka puasa bersama di dalam ruangan tahanan Polres Banggai, Senin (6/2/2023).

Kapolres Banggai AKBP Ade Nuramdani, SH, SIK, Mm melalui Kasat Tahti AKP Ikshanudin menyampaikan bahwa tahanan Polres Banggai mayoritas beragama Islam sehingga mereka melakukan puasa Senin Kamis ini sesuai rukun Islam yang ketiga.

“Walaupun mereka ada didalam sel tahanan, mereka tak lupa akan kewajiban menjalankan ibadah puasa, sholat, dan mengaji bersama,” katanya.

Ditambahkannya, untuk perangkat Sholat dan Mengaji pihaknya sudah siapkan baik untuk laki-laki maupun perempuan, namun ada juga yang milik mereka sendiri.

Kegiatan buka puasa bersama dan mengaji ini dilaksanakan oleh anggota Sat Tahti Polres Banggai yakni Aipda Rinto Husen dan Bripka Ikhsan.

“Sambil menunggu waktu berbuka puasa kami membimbing mereka untuk belajar ngaji. Meskipun terbata-bata, namun dengan kesabaran para tahanan satu demi satu mampu mengikuti lantunan ayat-ayat suci Al-Quran. Tidak hanya itu kami juga memberikan tausyiah,” ucap Kasat Tahti.

Ia berharap kegiatan ini dilakukan para tahanan dapat mengubah diri menjadi pribadi yang baik, dan berdampak positif bagi dirinya dan orang banyak, selepas dari masa tahanan.

“Begitu juga bagi yang beragama lain, tak jarang rohaniawan diundang untuk membimbing tahanan agar lebih religious terhadap ajaran kepercayaannya masing-masing,” pungkasnya.*Humas Polres Banggai