BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Polda Sulteng Terbuka Menerima Pengaduan Masyarakat

Tribratanews, Palu – Senin 13/02/23. Saat ini adalah era transparansi jaman keterbukaan, tidak ada lagi yang bisa ditutup tutupi. Hal tersebut seiring dengan berkembang pesatnya dunia Tehnologi Informasi. Apabila kita tidak dapat mengikuti kemajuan tersebut, maka kita akan tergilas oleh keadaan. Banyak pihak baik secara individu maupun kelompok dan organisasi masih protektif dengan keterbukaan, keterbukaan menjadi suatu yang menakutkan, bahkan menjadi momok yang selalu menghantuinya.

Terlebih sebagai lembaga publik, sesuai kesepakatan bersama sebagai bangsa Indonesia lembaga publik saat ini harus terbuka dan telah diatur dalam sebuah regulasi. Undang undang mewajibkan setiap lembaga publik untuk bersifat terbuka dan apabila melanggar ketentuan tersebut maka akan menerima sanksi sesuai undang undang. Sanksi undang undang masih relatif belum membuat lembaga publik terpuruk. Justru sanksi soaial yang akan menjadikan organisasi atau lembaga publik terpuruk.

Polri juga merupakan lembaga publik, sehingga regulasi tersebut diatas juga mengikat lembaga penegak hukum ini. Betapa saat ini yang dirasakan oleh Polri, dimana tingkat kepercayaan pada titik nadir akibat ulah oknum yang mencoreng nama baik Polri. Dari hal tersebutlah maka saat ini Polri dari tingkat Mabes Polri hinga Polsek menerima keluhan masyarakat baik secara langsung maupun melalui media sosial.

Untuk Polda Sulteng saat ini aktif melaksanakan Jumat Curhat, dimana masyarakat dibebaskan untuk menyampaikan keluhan keluhan dan pihak Polda akan meresponya. Selain itu pihak Polda Sulteng juga menerima pengaduan melalui media sosial baik Facebook, Twiter maupun Instagram resmi di Bid Humas Polda Sulteng. Segala pengaduan akan direspon oleh pihak Polda Sulteng. Dan partisipasi inilah yang akan menjadi ukuran dimana Polda Sulteng memperoleh kepercayaan masyarakat.

Tanpa partisipasi aktif masyarakat, mustahil Polda Sulteng yang dengan keterbatasanya dapat menciptakan atau memelihara Keamanan, ketertiban masyarakat.(fn)