BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Haji Nanang, Perbedaan Pilihan jangan Memutuskan Silaturahmi

Tribratanews, Palu – Senin 13/02/23. Tahun ini adalah tahun politik, dimana semua masyarakat seluruh Indonesia akan menyambut pesta demokrasi 5 tahunan yaitu Pemilu 2024. Tentu hiruk pikuk persiapan dan tahapan sudah mewarnai dalam kehidupan perpolitikan.

Bahkan KPU saat ini sudah menetapkan tahapan tahapanpemilu 2024. Demikian juga para kentestan, sudah mempersiapkan diri untuk berkompetisi memperoleh dukungan baik dari warga masyarakat maupun simpati partainya.

Dapat dilihat di hampir sepanjang jalan banyak spanduk dan baliho yang bernuansa politik. Dan ini wajar sebagai bentuk sosialisasi terhadap masyarakat, dimana mereka akan memilih wakilnya di berbagai tingkatan dari kabupaten/Kota sampai tingkat pusat. Selain memilih wakilnya di legislatif, masyarakat juga akan memilih pimpinan daerah maupun pimpinan negara.

Seorang legislator kota Palu Haji Nanang menyampaikan kepada Tribratanews Polda Sulteng sekaligus berpesan agar disampaikan kepada masyarakat luas khususnya Sulawesi Tengah dan lebih khusus kepada masyarakat kota Palu. Isi pesanya sangat menyentuh sekali, dimana dirinya meminta kepada seluruh lapisan masyarakat agar menyikapi pesta demokrasi dengan damai, dengan hati yang jernih dan bersikap Qonaah.

Masih dengan pesanya, bahwa jangan sampai karena beda pilihan partai, beda pilihan figur menjadikan terputusnya silaturahmi. Sungguh sangat disesalkan bila kita melihat di berbagai media, dimana pada pesta demokrasi beberapa tahun lalu banyak terjadi pertentangan yang sama sekali tidak ada gunanya. Bahkan lebih menyedihkan dalam satu keluarga ada yang berbeda pilihan sampai terjadi perpecahan dan bentrok fisik, ini sungguh tidak masuk akal.

“Saya pribadi sebagai umat muslim sangat menyayangkan perpecahan, karena memutus silaturahmi merupakan salah satu penyebab pendeknya umur. Kalo boleh saya mengutip Hadits Rasulullah SAW, Seseorang yang senantiasa menjaga tali silaturahmi maka Allah akan melapangkan rezeki dan memperpanjang umurnya. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam sebuah hadis berikut, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi,” (HR. Bukhari – Muslim).

Dan masih ada lagi hadits shoheh lainya Seseorang yang memutus tali silaturahmi maka dianggap sebagai perusak bumi. Bahkan ia juga akan menerima kutukan dari Allah SWT. Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam salah satu hadis berikut, Rasulullah SAW bersabda: “Tak akan masuk surga pemutus tali silaturahmi”.(HR. Bukhari dan Muslim). Inilah yang saya tidak harapkan. Untuk itu seluruh masyarakat untuk tetap menyikapipesta demokrasi dengan berfikir dan bertindak cerdas “ terang Haji Nanang yang juga aktif di dunia pramuka.(win)