BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Polda Sulteng secara fisik harus siap menghadapi Pemilu

Tribratanews, Palu – Kamis 16/03/23. Seperti diketahui bahwa tahapan Pemilu 2024 sudah dilakukan oleh penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU. Bahkan partai partai yang telah lolos verifikasi untuk menjadi peserta Pemilu sudah melakukan persiapan sedemikian rupa dalam rangka menarik simpati masyarakat agar memilih para Caleg dari partainya. Begitupun spanduk dan baliho di setiap sudut telah terpasang yang bertujuan untuk mensosialisasikan diri para calon legislative.

Polri yang diberi tanggung jawab secara formal sesuai undang undang memikulbeban berat guna mensukseskan jalanya tahapan Pemilu hingga penetapan para legislative, pimpinan daerah sampai pimpinan Negara. Tanggung jawab untuk mensukseskan pemilu harus menghadirkan fisik personil Polri, karena di dalamnya terdapat unsur keamanan. Pihak Polri sudah sejak dini mempersiapkan rencana pengamanan dengan memperhitungkan segala aspek baik aspek potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata.

Dalam apel pagi Kamis 16 maret 2023 Karo Ops Polda Sulteng Kombes Pol Ferdinan Maxi Pasule SIK menyampaikan kepada seluruh peserta apel agar seluruh personil harus siap secara fisik. Karena nantinya kehadiran Polri mutlak dalam setiap kegiatan yang ada kaitanya dengan Pemilu. Namun demikian kehadiran Polri bukan untuk melakukan intervensi ataupun intimidasi, namun lebih kepada pelayanan.

Karo ops lebih lanjut menjelaskan bahwa banyaknya tindak pidana yang terjad merupakan akumulasi dari ketidak hadiran Polri di tengah tengah masyarakat sehingga para pelaku tindak pidana dengan leluasa melakukan aksinya. Untuk itu disampaikan kepada setiap anggota Polda Sulteng untuk bekerja tanpa pamrih, jadilah anggota Polri yang memiliki tanggung jawab moral. Negara sudah begitu besar memperhatikan kesejahteraan Polri, hendaknya diimbangi dengan berbuat yang terbaik terhadap Negara melalui tugas Polri yang diembanya.(DA)