BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Karo Ops Polda Sulteng Hadiri Selekda Atlet FONI Sulteng, Ini Penjelasannya

Tribratanews, Palu – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) diwakili Kepala Biro (Karo) Operasi (Ops), Kombes Pol Ferdinand Maksi Pasule, S.I.K menghadiri sekaligus melepas para peserta Seleksi Daerah (Selekda) atlet Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI) Sulteng, Sabtu 11 Maret 2023, dilapangan Mapolda Sulteng.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Ketua KORMI Sulteng, Syaifullah Djafar dan Ketua Harian FONI Sulteng, Muhammad Fauzan itu dilaksanakan mulai dari tanggal 11 hingga 12 Maret 2023.

Diketahui bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh 35 atlet utusan dari 5 Kabupaten. Dari hasil selekda tersebut akan dipilih pegiat olahraga yang berorientasi pada lari lintas alam itu untuk berlaga di Festival Olahraga Masyarakat Nasional (FORNAS) di Jawa Barat pada bulan Juli 2023 mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KORMI Sulteng menyambut baik kegiatan Selekda Foni Sulteng saat membuka race hari pertama.

“Semoga seleksi kali ini bisa menjaring atlet yang berkualitas saat berlaga di FORNAS nanti,” katanya.

Kemudian, Ketua Harian FONI Sulteng, menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung pelaksanaan selekda.

Selepas selekda, lanjut Ketua Harian FONI Sulteng, ia juga mengatakan bahwa atlet yang terjaring nantinya akan mengikuti program pelatihan untuk persiapan FORNAS di Jawa Barat.

“Ini merupakan selekda pertama kami sejak dideklarasikan 2018 seminggu sebelum gempa tsunami. Usaha promosi olahraga ini tidaklah mudah, namun kami tetap yakin, Orienteering akan diterima di kalangan yg lebih luas. Terima kasih semua pihak terutama FONI Kota Palu dan FONI Sigi yang ikut terlibat dalam persiapan hingga pelaksanaan,” katanya.

Ketua Harian FONI Sulteng juga menambahkan bahwa dari hasil selekda akan ada tiga atlet podium masing-masing kategori yang akan dilatih sebelum ke FORNAS.

“Mereka digodok lagi dalam pemusatan latihan selama dua bulan, baru ditentukan siapa yang akan mewakili Sulteng. Semoga di FORNAS Jawa Barat kita bisa merebut podium,” tandas Ketua Harian FONI Sulteng.

Adapun puluhan atlet yang ikut dalam ajang selekda FONI Sulteng itu yakni dari Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala, Parimo, dan Buol yang terbagi atas kelas putra dan putri U21, U20 dan U18.

Dalam race pertama yang dilaksanakan pada tanggal 11 Maret di halaman Kantor Polda Sulteng dengan panjang rute 5,9 km putra dan 4,2 km Putri.

Untuk race kedua pada tanggal 12 Maret dilaksanakan di kampus Universitas Tadulako (UNTAD) dengan panjang rute 5,5 km putra dan 4,4 km putri.

Dalam selekda itu banyak diikuti atlet pemula yang terjaring dari 4 kali latihan gabungan yang dilaksanakan sebelum Selekda.(fn)