BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Kapolda Sulteng komitmen menekan angka kriminalitas di Sulteng

Tribratanews, Palu – Senin 11/04/23. Kepedulian terhadap keselamatan manusia merupakan tanggung jawab suatu Negara. Kita meminjam istilah Cicero, seorang filsuf berkebangsaan Italia, “Salus populi suprema lex esto”, keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi bagi suatu negara. Sementara apabila kita kaitkan dengan tugas Pokok Polri sesuai undang undang no 2 tahun 2002 dimana ada tiga tugas Polri yaitu Harkamtibmas, Pelayan, pengayom , pelindung dan Penegakan hukum filsafat tersebut erat korelasinya.

Kapolda Sulteng Irjen Pol Agus Nugroho SIK, SH, MH yang baru beberapa hari bertugas sangat konsen dengan keselamatan warga. Hal tersebut tertuang dalam kebijakanya yang salah satunya mengutamakan pencegahan. Artinya Kapolda Sulteng tidak menginginkan masyarakat Sulteng menjadi korban kejahatan, dan lebih jauh apabila kita kaitkan dengan kajian teologi bahwa Kapolda Sulteng sangat menyayangi masyarakat, menyayangi sesame manusia.

Kebijakan tersebut akan diimplementasikan pada aparat kepolisian di jajaran Sulawesi Tengah. Dan Sulteng yang sedang menjadi incaran investor akan diwarnai dengan situasi keamanan yang terjamin. Harapan tersebut juga harus di sikapi oleh masyarakat luas dengan turut berpartisipasi menjaga keamanan, paling tidak di lingkungan dimana mereka tinggal.

Hal yang tidak kita inginkan bersama yaitu jangan sampai peluang meningkatkan kesejahteraan masyarakat tidak terwujud akibat faktor keamanan di Sulteng. Seperti diketahui bersama saat ini 40 persen investor yang masuk ke Indonesia di investkan di bumi Tadulako. Namun hal tersebut tidak akan terjadi apabila kita secara bersama sama bertanggung jawab moral sebagai anak bangsa untuk tetap menjaga situasi kamtibmas imanapun kita berada. (ab)